Pemkab Banjar

Pestival Pasar Terapung Lok Baintan 2023 Sukses Digelar Pemkab Banjar

Festival Pasar Terapung Lok Baintan tahun 2023 di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel sukses digelar.

Featured-Image
Festival Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar, Minggu (19/11). Foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Festival Pasar Terapung Lok Baintan tahun 2023 di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar sukses digelar, Minggu (19/11/2023).

Event tahunan Pemkab Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) itu mengusung tema 'Pesona Susur Sungai Orang Banjar'.

Selain pasar terapung, panitia juga menggelar lomba jukung hias tradisional, balap jukung B2 acil Lok Baintan, lomba videografi on the spot  bazar terapung ekraf serta pentas seni budaya.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur berharap melalui even ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara, sekaligus meningkatkan pendapatan para pelaku ekonomi lokal seeta sebagai promosi produk produk ekonomi kreatif Kabupaten Banjar.

"Semoga dengan penyelenggaraan even ini dapat kembali meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta seluruh potensinya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kalsel, khususnya Kabupaten Banjar," harap Saidi .

Saidi juga mengimbau kepada SKPD terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata terkait hilirasi masyarakat sekitar Desa Lok Baintan, agar benar benar menyasar untuk meningkatkan perekonomian industri Lokal.

Sementara Plt Kepala Disbudporapar Rija Rusadi menerangkan, Festival Pasar Terapung Lok Baintan diselenggarakan sebagai upaya bersama untuk melestarikan dan menjaga tradisi budaya sebagai warisan dari khazanah budaya turun temurun masyarakat daerah Sungai Martapura.

"Even kali ini berkonsep hybrid dengan mengusung tema. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya seperti venue kegiatan yang biasanya di dermaga Sungai Pinang Lama, di tahun ini dilaksanakan di desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp300 juta," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner