Wisata Alam

Pesona Kalimantan: Mendaki Bukit hingga Menyelami Danau

Meskipun suasana di tempat wisata kala itu amat sunyi, latar foto justru menampakkan deretan gedung tinggi dengan gemerlap cahaya lampu bak kota metropolitan. 

Featured-Image
Danau Cermin. Foto: KSM Tour.

bakabar.com, JAKARTA – Devi tak bakal melupakan betapa kuduknya bergidik usai berfoto di puncak Bukit Mamake Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Sebabnya, ada yang aneh dengan hasil jepretan tersebut. Meskipun suasana di tempat wisata kala itu amat sunyi, latar foto justru menampakkan deretan gedung tinggi dengan gemerlap cahaya lampu bak kota metropolitan. 

Kota Gaib Saranjana
Klarifikasi dokter devi setelah viral di dunia maya so penampakan Kota Gaib Saranjana di balik fotonya. Foto: Dok. Dokter Devi.

Hasil potret yang demikian dinilai cukup berbeda dengan wajah asli wisata Bukit Mamake. Tempat ini memiliki panorama indah dengan berlatar gunung, sekaligus dikelilingi selat laut.

Wisata yang terletak di Desa Sarang Tiung dan Tirawan itu cocok untuk menikmati matahari terbenam dan terbit. Ada pula yang akan berkemah di bukit tersebut.

Dengan berbagai potensinya itu, Bukit Mamake pun didapuk jadi salah satu destinasi andalan Kotabaru. Ke depannya, wisata ini akan dikenalkan secara nasional bahkan internasional.

Selain Bukit Mamake, masih ada sederet destinasi wisata lain di Kalimantan yang tak kalah menarik. Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Danau 'Musiman' Sentarum

Danau Sentarum merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Bukan sembarang danau, tempat ini terkenal sebagai 'danau musiman.' 

Julukan itu disematkan bukan tanpa alasan. Danau Sentarum memang punya tampilan berbeda di musim hujan dan kemarau.

Saat musim hujan, danau ini tampak seperti kumpulan air yang merendam hutan. Sedangkan di musim kemarau, tempat ini berwujud hamparan hutan dengan sedikit air bak kubangan.

Danau 'Dua Rasa' Labuan Cermin

Keindahan dari danau Dua Rasa Labuan Cermin. Foto: Detik.
Keindahan dari danau Dua Rasa Labuan Cermin. Foto: Detik.

Masih membahas destinasi wisata air, ada Danau Labuan Cermin yang berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Air danau ini sangat jernih, sampai-sampai bagian dasarnya bisa dilihat dengan kasat mata. Layaknya Danau Sentarum, objek wisata ini juga punya julukan khas, yaitu 'danau dua rasa.'

Sebabnya, air di danau tersebut punya rasa berbeda. Di bagian permukaan, air terasa asin, sedangkan bagian dasarnya terasa tawar.

Pasar Terapung Muara Kurin

Pasar Terapung Muara Kurin. Foto: PegiPegi.
Pasar Terapung Muara Kurin. Foto: PegiPegi.

Destinasi ikonik berikutnya adalah Pasar Terapung Muara Kurin. Sesuai namanya, tempat ini berada di muara Sungai Kurin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Berbeda dengan pasar pada umumnya, transaksi kebutuhan sehari-hari di sini dilakukan di atas jukung atau perahu.

Jika ingin bertandang ke Pasar Terapung, maka Anda mesti bangun pagi. Pasalnya, pasar itu hanya beroperasi sampai pukul sembilan.

Anda bisa merasakan pengalaman berbelanja menggunakan perahu kayu motor. Bukan cuma hasil bumi, banyak pula souvenir dan kuliner khas Banjarmasin yang dijajakan di Pasar Terapung Muara Kurin.

Bukit Kelam

Keindahan Bukit Kelam. Foto: Pancurajipost.
Keindahan Bukit Kelam. Foto: Pancurajipost.

Meski tajuknya agak terkesan suram, bukan berarti objek wisata yang satu ini benar-benar kelam. Bukit Kelam adalah sebuah batu dengan panorama hamparan cagar alam nan indah. 

Bukit yang terletak di Sintang, Kalimantan Barat, ini menawarkan pengalaman mendaki yang tak terlupakan.

Dengan ketinggian mencapai 900 meter dan kemiringan antara 15-40 derajat, Bukit Kelam sangat cocok dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga paralayang dan panjat tebing.

Kecamatan Loksado

Pedalaman Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan bisa jadi tempat yang pas untuk 'kabur' sejenak dari peradaban. Di sini terdapat Kecamatan Loksado, tempat di mana Suku Dayak Meratus bernaung. 

Kecamatan Loksado berjarak sekitar dua setengah jam dari Banjarmasin. Di sini, Anda bisa mencecap panorama menakjubkan hutan hujan tropis, lengkap dengan air terjun dan aliran sungai.

Anda juga bisa mengenal kearifan lokal Suku Dayak Meratus lebih dekat. Di sini, Anda bisa tinggal bersama masyarakat Loksado di rumah-rumah mereka.

Selain itu, lanskap daerahnya yang masih alami dan asri juga mampu menyihir Anda sampai merasa tak ingin pulang. Tertarik mencoba?

Editor


Komentar
Banner
Banner