Tak Berkategori

Peserta SNMPTN ULM Menurun

apahabar.com, BANJARMASIN – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilaksanakan serentak, Senin (25/3). Untuk Universitas…

Featured-Image
Ilustrasi SNMPTN. Foto-Medcom.id

bakabar.com, BANJARMASIN - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilaksanakan serentak, Senin (25/3). Untuk Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebanyak 7.584 orang mendaftar dalam SNMPTN.

Selasa (19/2) pukul 20.00 WITA, pendaftaran SNMPTN serentak ditutup, pendaftar SNMPTN memilih ULM berjumlah 7.584. Mereka terbagi menjadi 6.385 pilihan utama dan 1.199 yang menjadikan ULM pilihan kedua.

Baca Juga:Ombudsman Pantau Server Down di SNMPTN ULM

Menurut Wakil Rektor I Bidang Akademik sekaligus Ketua Panitia SNMPTN ULM, Aminnudin Prahatama Putra mengakui ada penurunan jumlah pendaftar. Pada 2018 jumlah pendaftar mencapai 11.000, sekarang hanya 7 ribuan. Artinya ada penurunan cukup besar.

“Banyak sekolah-sekolah mengeluhkan sulitnya persyaratan untuk mendaftarkan. Apalagi yang lulusan SMK, karena ada akreditasi per jurusan," ucap Aminnudin kepada bakabar.com.

Baca Juga:Pendaftaran SNMPTN Dikeluhkan, Rektor ULM: Jangan Daftar di Akhir

Menurutnya, hal ini yang membuat kurangnya pendaftar. Selain itu untuk jumlah pendaftar bidik misi sama sekali nihil. Aminnudin menanyakan apakah sekolah tidak menjalankan atau bagaimana. Padahal tahun sebelumnya pendaftar bidik misi berjumlah 2.691 pendaftar.

“Bidik misi yang diperuntukan untuk orang yang berekonomi kurang malah tidak ada pendaftar, saya bingung,” tutupnya.

Reporter: Tania Anggrainy
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner