Sport

Pernah Melatih Barito Putera, Apakah Rahmad Darmawan Kembali Direkrut?

Kriteria sosok pelatih anyar Barito Putera mulai terkuak. Berikut sederet sosok yang berpotensi direkrut.

Featured-Image
Sederet pelatih yang pernah menukangi Barito Putera. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Kriteria sosok pelatih anyar Barito Putera mulai terkuak. Berikut sederet sosok yang berpotensi direkrut.

Barito Putera belum memiliki pelatih utama, seusai memecat Rodney Goncalves. Selanjutnya dalam beberapa pekan mendatang, Isnan Ali masih akan menjabat pelatih sementara.

Namun Isnan Ali tampaknya tidak akan berlama-lama berstatus pelatih kepala. Penyebabnya Barito Putera disebut-sebut telah menjalin kontak dengan dua pelatih.

"Kami sudah memiliki beberapa kandidat dan telah menjalin komunikasi. Secepatnya akan diumumkan," papar CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, Senin (6/2).

"Saya berharap pelatih yang sudah pernah melatih Barito Putera. Dengan demikian, pelatih sudah mengetahui karakter permainan Barito," imbuhnya.

Berkaca dari kata kunci pernah melatih Barito Putera, berikut sosok yang berpotensi direkrut:

1. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan bukan wajah baru di Barito Putera. Mantan arsitek Timnas Indonesia ini menukangi Laskar Antasari di putaran kedua Liga 1 musim 2021-2022.

Hasilnya, Rahmad Darmawan berhasil membawa Barito Putera lepas dari jerat degradasi.

Pun perpisahan Rahmad Darmawan dan Barito bukan lantaran hal negatif. RD memang hanya mendampingi Barito selama separuh musim, karena lantaran terikat kontrak dengan RANS Nusantara FC. 

Namun sekarang Rahmad dan RANS Nusantara sudah berpisah. Kans pria 56 tahun tersebut ke Barito pun semakin terbuka lebar.

2. Djajang Nurdjaman

Sebagai pelatih lokal sarat pengalaman, Djajang Nurdjaman juga bisa menjadi opsi pelatih anyar Barito Putera di sisa Liga 1 musim 2022-2023.

Pria yang biasa disapa Djanur itu pernah menukangi Barito Putera di musim 2019 hingga pertengahan 2021.

Akan tetapi, rentetan hasil minor Barito Putera di awal musim Liga 1 2021, membuat manajemen terpaksa menyudahi kontrak pelatih kelahiran Jawa Barat ini.

Terakhir Djanur menukangi Persikabo 1973 di putaran pertama Liga 1 2022-2023. Hasilnya Laskar Padjajaran menduduki papan tengah klasemen musim.

Namun Persikabo memutuskan berpisah dengan Djanur dan memilih mengontrak Aidil Sharin Sahak. Situasi ini juga bisa menjadi peluang Barito Putera untuk CLBK.

3. Jacksen F Tiago

Jacksen F Tiago sempat melatih Barito Putera medio 2017-2019. Namun sepertinya kans Jacksen untuk kembali menukangi Laskar Antasari sangatlah minim.

Pasalnya, pria kelahiran Rio de Jeneiro, Brazil ini sempat mengungkapkan jika dirinya sudah pensiun dari karir kepelatihan.

Selain itu, Jacksen saat ini sudah terikat kontrak jangka panjang sebagai penasehat di Persis Solo.

4.Yunan Helmi

Nama lain yang berpotensi direkrut Barito adalah Yunan Helmi.

Yunan Helmi sempat didapuk sebagai pelatih sementara usai Barito ditinggalkan oleh Jacksen F Tiago.

Yunan juga berpengalaman menjadi asisten pelatih Barito Putera.

5. Salahudin

Salahudin yang kini melatih Persijap Jepara, punya kenangan manis bersama Barito Putera.

Salahudin melatih Barito Putera sejak tahun 2007 hingga 2016. Salahudin pula pelatih yang membawa Barito Putera bisa promosi ke kasta liga tertinggi di Indonesia usai menjuarai Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2011-2012. Selama ini kerap disebut-sebut oleh fans untuk jadi pelatih Barito Putera ketika pelatih asing tak sesuai harapan.

Editor
Komentar
Banner
Banner