Kalsel

Pernah Buat Paman Birin Berteriak, Pecatur Muda Asal HST Ini Kembali Tampil Maksimal

apahabar.com, BARABAI – Masih ingat dengan Galang Wardhana, pecatur muda asal Hulu Sungai Tengah (HST) yang…

Featured-Image
Galang (kanan) bersama peraih juara 1 kelompok catur terbuka. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Masih ingat dengan Galang Wardhana, pecatur muda asal Hulu Sungai Tengah (HST) yang mendapat tepuk tangan serta teriakan “Hidup HST” dari orang no 1 di Kalsel, H Sahbirin Noor?

Kala itu, Paman Birin -akrab Gubernur disapa- berteriak lantang. Sebab, Galang tampil maksimal di nomor catur cepat terbuka Rektor Cup IV, dalam rangka Dies Natalis ke 61 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, 20-22 September 2019 lalu.

Siswa yang duduk di kelas VII SMP 10 HST itu meraih juara ketiga setelah menyisihkan 50 peserta catur. Ia hanya kalah bersaing dengan mahasiswi asal Kapuas, Ria Austina yang merebut peringkat dua, dan Sultan Aulia juga dari Kapuas sebagai juaranya.

Teranyar, dia sukses menyisihkan lawannya di kelompok junior pada Turnamen Catur Cepat Terbuka Gubernur CUP 2019 yang digelar di Aula Rektorat ULM Banjarmasin sejak 25 hingga 27 Oktober 2019.

img

Galang (bertopi, ketiga dari kiri bawah) bersama para pemenang lainnya pada Turnamen Catur Cepat Terbuka Gubernur CUP. Foto-bakabar.com/HN Lazuardi

Kembali tampil maksimal di turnamen itu, dia bersaing dengan 71 lawannya di nomor catur cepat pada kelompok junior. Dia punberhasil masuk ke 16 besar melalui sistem swiss perfect 9 babak.

Usai menyingkirkan ke 16 lawannya melalui sistem gugur, Galang masuk 8 besar hingga semifinal dan melesat ke juara pertama.

“Saya bersyukur bisa kembali meraih penghargaan dan bisa kembali mempersembahkan trofi untuk HST,” kata Galang, Selasa (29/10).

Diakui Galang, capaian prestasinya itu tidak lepas dari peran Pengcab Percasi dan KONI HST yang mendukung dan memfasilitasi serta membina dia.

“Ini yang menjadi penyemangat untuk saya berusaha lebih keras lagi,” ucap siswa berumur 13 tahun itu.

Selama 2019 ini, tercatat oleh media ini sejak Juli hingga Oktober, Galang telah mempersembahkan 5 piala untuk HST.

Ketua KONI, HST, Yajid Fahmi, mengapresiasi atas prestasi yang dicapai Galang. Sebab prestasi dia membanggakan nama daerah.

“Terima kasih kepada atlet, pelatih, Percasi HST yang telah konsisten dalampembinaan atlet dan klub sehingga bisa kembali menoreh prestasi yang membanggakan,” kata Yazid.

Yazid meminta kepada Pemkab HST agar memberi perhatian kepada atlet di daerah sendiri. Terlebih kepada prestasi-prestasi atlet HST yang mengharumkan nama daerah.

Sebab, Yazid mengatakan, di 2020 akan dilaksanakan pencanangan menuju prestasi untuk menghadapiPekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada 2021 nanti.

“Mohon dukungan kepada semua pihak demi martabat daerah dalam bidang olahraga,” tutup Yazid.

PadaTurnamen Catur Cepat Terbuka Gubernur CUP Oktober 2019 itu, secara resmi dibuka Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor diwakili Kadispora Kalsel, Hermansyah, Jumat (25/10) lalu.

Dari laporanKetua Pengprov Percasi Kalsel, M Amin turnamen catur itu merupakan yang pertama terbesar di Kalsel dengan jumlah peserta terbanyak.

“Selain Kalsel peserta juga berasal dari Papua, Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Bekasi Jawa Barat (Jabar) yang diikuti 166 pecatur senior dan 72 pecatur Junior,” kata Amin.

Galang sendiri sebelumnya, seperti yang diberitakan media ini, membawa pulang 2 medali emas pada ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Kalsel pada 5-7 Juli lalu. Masing-masing pada kelompok menengah atas dan campuran, juara 1 disabet Galang.

Berikutnya dia tampil sebagai runner up pada Kejuaraan Catur Wali Kota Samarinda Cup tingkat pelajar se Indonesia yag digelar bersama Pencab Percasi Samarinda di Gor Segiri, Samarinda pada 19-21 Juli 2019 lalu.

Baca Juga:Hari Sumpah Pemuda, Paman Birin Gelar Futsal Remaja Mesjid

Baca Juga:Final Biliar Paman Birin Cup 2019 Berlangsung Sengit

Baca Juga:Menjaring Atlet Tenis Meja Kalsel di Paman Birin Cup

Reporter: HN LazuardiEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner