Borneo Hits

Perkuat Geopark Meratus, Bank Kalsel Dukung Perajin Sasirangan Desa Balangian

BAKABAR.COM - Banjar - Guna memperkuat kemitraan dan mendukung inisiatif keberlanjutan, Bank Kalsel telah melakukan

Featured-Image
SIMBOLIS: Penyerahan sejumlah bantuan CSR dari Bank Kalsel kepada Desa Belangian Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar - Foto Dok Bank Kalsel

BAKABAR.COM - Banjar - Guna memperkuat kemitraan dan mendukung inisiatif keberlanjutan, Bank Kalsel telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Badan Pengelola Geopark Meratus.

Kesepakatan bersama ini ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin bersama Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana.


Penandatanganan dilaksanakan pada Senin (5/2/2024) lalu di Desa Belangian Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Desa Belangian sendiri merupakan salah satu situs Geopark Meratus.

Kesepakatan ini menegaskan komitmen bersama dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan mendukung pengembangan Geopark Meratus sebagai destinasi wisata yang berkelanjutan. Pada kesempatan tersebut Bank Kalsel juga memberikan bantuan CSR kepada masyarakat Desa Belangian. Bantuan tersebut berupa fasilitas tempat tidur bagi homestay dan prasarana kerja bagi pengrajin sasirangan ecoprint.

Bantuan bagi homestay tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin kepada Kepala Desa Belangian Ainul Khoir.

"Diharapkan bantuan ini bisa meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung yang datang ke Desa Belangian," ujarnya.

Selain bagi homestay, bantuan juga diberikan kepada pengrajin sasirangan ecoprint. Bantuan berupa perlengkapan pounding diserahkan oleh Ketua Ikatan Istri Pegawai Bank Kalsel ibu Miliyani kepada Ida Fitriani mewakili kelompok pengrajin sasirangan. Miliyani juga menyerahkan bantuan sembako kepada 135 kepala keluarga di Desa Belangian.


Dalam kesempatan ini Fachrudin menyatakan perasaan senang dan bangga bisa berkontribusi pada pengembangan masyarakat Desa Belangian dan mendukung Upaya pelestarian Geopark Meratus.

"Melalui bantuan CSR ini kami berharap dapat memberikan dampak positif dan memberdayakan masyarakat setempat," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana menyambut baik kerjasama ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bank Kalsel atas dukungannya dalam pengembangan Geopark Meratus. Kerjasama ini akan membantu menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata di Kawasan Geopark Meratus," pungkasnya. (adv)

Editor
Komentar
Banner
Banner