Pemkab Tanah Bumbu

Peringati Arba Mustamir, Warga Sari Gadung Gelar Tolak Bala

apahabar.com, BATULICIN – Hari ini, sebagian masyarakat Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat, memperingati hari Arba…

Featured-Image
Warga Desa Sari Gadung peringati Arba Mustamir dengan doa bersama dan makan ketupat, Rabu (23/10). Foto-apahabar.com/Ahc21

bakabar.com, BATULICIN – Hari ini, sebagian masyarakat Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat, memperingati hari Arba Mustamir.

Mereka menggelar selamatan dan doa bersama untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa supaya dihindarkan dari segala macam bahaya atau bala.

“Di kalangan keluarga besar kami sudah menjadi kebiasaan rutin untuk menggelar doa dan selamatan Arba Mustamir pada bulan Safar,” ujar Alfi warga RT 11, Desa Sari Gadung, Rabu (23/10).

Ia menyebut bulan safar merupakan bulan panas atau bulan yang harus lebih waspada jika ingin melakukan sesuatu, sebab sebagian masyarakat meyakini saat itu banyak bala turun dari langit.

“Seperti biasa kami melaksanakan doa di tempat terbuka dengan berkumpul bersama dilanjutkan menyantap ketupat sebagai hidangan usai melakukan doa (selamatan),” terangnya.

Arba Mustamir merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut hari Rabu terakhir bulan Safar yang masih diyakini sebagian kalangan masyarakat sebagai hari yang sakral. Sebagian masyarakat Banjar juga masih menjalankan tradisi memperingati Arba Mustamir tersebut.

Baca Juga: Berharap Dijauhkan Bencana, Warga Komplek Bumi Wahyu Gelar Tolak Bala

Baca Juga: Marak Kebakaran, Ratusan Warga Tolak Bala di Purnasakti Banjarmasin

Baca Juga: Warga Mangga Gelar Tolak Bala, Berharap Jauhkan Dari Kebakaran

Reporter : Ahc21
Editor : Puja Mandela

Komentar
Banner
Banner