Pemkab Banjar

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Banjar Kerja Sama UNICEF Indonesia Perwakilan Kalsel

apahabar.com, MARTAPURA – Pemkab Banjar bekerja sama dengan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) Indonesia…

Featured-Image
Rapat Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program Percepatan Vaksinasi Covid 19, Pemkab Banjar bekerja sama dengan UNICEF) Indonesia perwakilan Kalsel dalam percepatan vaksinasi. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA - Pemkab Banjar bekerja sama dengan United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) Indonesia perwakilan Kalimantan Selatan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat vaksin Covid-19.

Kerja sama tersebut dibahas dalam rapat Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program Percepatan Vaksinasi Covid 19 di Hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (08/12).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar dr Diaduddin mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi telah mencapai 32 persen, masih jauh dari target akhir tahun 70 persen.

Kemungkinan, kata Dokter Dia –sapaan akrabnya–, di akhir tahun maksimal mencapai 55 hingga 60 persen, dan hal itu ia nilai masih cukup bagus.

“Kita bersama-sama mengawal kebijakan pemerintah pusat dalam capaian target vaksinasi. Program nasional harus diutamakan dan vaksinasi menjadi prioritas utama kita saat ini," ujar Dokter Dia.

Dari hasil pertemuan ini, Harap Dia, akan menghasilkan orang-orang yang berkompeten dan berkeahlian dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya suntik vaksin.

Sementara itu, Nurjannah dari UNICEF perwakilan Kalsel memaparkan beberapa masalah dan kunci dalam upaya percepatan vaksinasi, di antaranya diupayakan ada penambahan tenaga IT dan tenaga vaksinator. Satu vaksinator setidaknya bisa menyuntik 70 orang.

“Di sini juga kami lihat ada beberapa masalah yaitu adanya gap (jarak) dari data manual dan elektronik, kurangnya kesadaran warga akan pentingnya vaksin dan perlunya dibentuk tim IT kabupaten untuk input dan entri data. Kami akan berusaha membantu dalam meminimalkan masalah tersebut,” ucapnya.

Pertemuan lintas sektor dan lintas program ini dihadiri Satgas Percepatan Covid-19 kabupaten/kota, tim promosi kesehatan serta nakes di tingkat puskesmas.



Komentar
Banner
Banner