Hot Borneo

Percepat Evakuasi Banjir, BPBD Tabalong Serahkan Bantuan Perahu Karet ke Lima Kecamatan

apahabar com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui BPBD setempat kembali menyerahkan bantuan perahu karet. Lima…

Featured-Image
Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tabalong, Muhammad Joko, saat menyerahkan perahu karet ke Camat Upau, Rofiq Azidin. Foto-Istimewa.

apahabar com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui BPBD setempat kembali menyerahkan bantuan perahu karet.

Lima perahu karet diserahkan kepada lima kecamatan, yaitu Kecamatan Upau, Kecamatan Murung Pudak, Kecamatan Banua Lawas, Kecamatan Muara Harus, dan Kecamatan Bintang Ara.

Selain perahu karet masing-masing kecamatan tersebut juga mendapat bantuan lima buah pelampung.

Kepala Pelaksana BPBD Tabalong, Zaenudin melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Muhammad Joko, mengatakan penyerahan bantuan telah dilakukan pihaknya baru-baru tadi.

“Selama dua hari kami berkeliling menyerahkan bantuan perahu karet dan baju pelampung ke lima kecamatan tersebut,” katanya, Senin (4/7).

Selanjutnya pihak kecamatan akan menyerahkan bantuan tersebut kepada Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) atau desa untuk penggunaan dan perawatannya.

Bantuan tersebut diberikan berdasarkan pemantauan BPBD Tabalong, jika terjadi banjir di lima kecamatan tersebut sangat membutuhkan perahu karet.

“Dengan adanya perahu diharapkan evakuasi warga yang terdampak banjir dapat cepat dilakukan sembari menunggu bantuan dari BPBD Tabalong,” jelas Joko.

Kata Joko, sebelumnya pada 2021 pihaknya juga memberi bantuan perahu karet di Kecamatan Haruai dan Kelua.

“Jadi sampai saat ini sudah ada 7 perahu karet yang di tujuh kecamatan. Ke depan kita akan usulkan kembali bantuan serupa untuk kecamatan yang belum memilikinya, tapi menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” terangnya.

Joko berharap bantuan tersebut dapat dirawat dengan baik, jika ada banjir bisa diturunkan untuk membantu warga yang membutuhkannya.

“Semoga bantuan ini dapat berguna untuk membantu warga jika terjadi banjir,” jelasnya.

Terhadap bantuan yang diserahkan BPBD Tabalong, Camat Upau Rofiq Azidin, mengucapkan terima kasih.

“Perahu karet ini sangat dibutuhkan untuk penanggulangan banjir di wilayah Kecamatan Upau,” katanya dihubungi terpisah.

Kata Rofiq, perahu karet ini rencananya akan pihaknya serahkan ke Pemerintahan Desa Kaong, karena di desa tersebut sering mendapat musibah banjir.

“Nanti Pemdes Kaong akan membentuk relawan tanggap bencana yang akan mengoperasionalkan perahu karet ini jika diperlukan,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner