Perbaikan Infrastrutur Daerah

Perbaikan Jalan Sungai Lulut - Berlian Terus Dikebut Jelang Haul Guru Sekumpul

Dinas PUPR Provinsi Kalsel terus memperbaiki jalan jelang Haul ke 18 Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) Tahun 2023.

Featured-Image
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan perbaiki ruas jalan sepanjang Jalan Sungai Lulut hingga Jalan Berlian, Kabupaten Banjar jelang Haul Guru Sekumpul. Foto: infopublik.id

bakabar.com, JAKARTA - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan terus memperbaiki ruas jalan sepanjang Jalan Sungai Lulut hingga Jalan Berlian, Kabupaten Banjar jelang Haul ke 18 Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) Tahun 2023.

Haul Akbar Abah Guru Sekumpul ini digelar di kediaman pribadi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Jalan Kertak baru, Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar pada 26 Januari 2023 mendatang.

Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan mengatakan PUPR Kalsel mendukung melalui sisi transportasi yaitu jalan penghubung antara Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yang menjadi jalan utama menuju kegiatan Haul Akbar di Jalan Keramat.

"Dari Jalan Berlian sudah 2,5 km dilakukan perbaikan, sampai Jalan Sungai Lulut," ucap Solhan, di Banjarmasin, Senin (16/1).

Baca Juga: MasyaAllah! Ribuan Relawan Siap Menjaga Haul ke-18 Guru Sekumpul

Baca Juga: Jokowi Dikabarkan Hadir di Haul Akbar Ke-18 Guru Sekumpul

Apalagi, ruas jalan yang diperbaiki oleh PUPR Kalsel tersebut merupakan akses jalur Provinsi dan juga akses di Jalan Bandara di Cindai Alus. "Untuk ini, kita minta dukungan dari Pemerintah Banjarbaru," katanya.

Selain dari sisi infrastruktur jalan, Ia juga mengatakan Bidang Cipta Karya juga memberi dukungan dengan penyediaan air bersih.

"Untuk air bersih kita bekerja sama dengan BPAM Banjar Bakula," katanya. 

Perbaikan infrastruktur jalan akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, masyarakat dan pengunjung akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membeli sejumlah kebutuhannya pokok atau sembako yang ditawarkan.

Baca Juga: Fenomenal! Foto Abah Guru Sekumpul Tak Dilalap Api dalam 9 Kebakaran Ini

Baca Juga: Abah Guru Sekumpul: Karisma Ulama Sepanjang Masa

Sejumlah stand disiapkan untuk menjual berbagai macam produk, diantaranya minyak, telur, beras, daging (sembako) dan kebutuhan pokok lainnya dengan harga yang lebih murah daripada di pasar maupun toko atau kios-kios lainnya.

Sebelumnya, pandemi Covid-19 telah menghambat pelaksanaan Haul KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul). Terakhir haul dilaksanakan pada tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2020 yang bertepatan dengan Haul ke-15.

Abah Guru Sekumpul, salah satu ulama kharismatik Banua Kalimantan Selatan. Haulnya dilaksanakan setiap tanggal 5 Rajab dan dipusatkan di Mushalla Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura Kabupaten Banjar.

Haul ini menjadi acara haul terbesar di Indonesia bahkan di kawasan Asia. Jutaan jemaah atau warga menghadiri setiap tahunnya. Selain warga setempat, mereka yang merantau pun rela meninggalkan aktivitasnya di perantauan dengan niat untuk menghadiri haul.

Editor


Komentar
Banner
Banner