LIFESTYLE

Fenomenal! Foto Abah Guru Sekumpul Tak Dilalap Api dalam 9 Kebakaran Ini

Fenomena foto seorang ulama karismatik asal Martapura, Kalimantan Selatan (Kalsel), KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang akrab disapa Abah Sekumpul

Featured-Image
Kebakaran yang Tak Hanguskan Foto Abah Guru Sekumpul. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Fenomena foto seorang ulama karismatik asal Martapura, Kalimantan Selatan (Kalsel), KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul kerap ditemukan masih utuh saat kebakaran melanda.

Diketahui, kejadian tersebut bukan hanya sekali. Beberapa kali ditemui peristiwa kebakaran di beberapa tempat tidak menghanguskan foto Abah Guru Sekumpul.

Berikut ini rangkuman peristiwa tempat-tempat kebakaran yang membuat foto Abah Guru Sekumpul tidak dilalap api, seperti dikutip bakabar.com dari Instagram @ulama.nusantara, Rabu (18/1).

1. Peristiwa kebakaran terjadi di Gang Madrasah RT 05 dan RT 02 Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu siang, 30 November 2019 dan foto Abah Guru Sekumpul tidak terbakar.

2. Foto Abah Guru Sekumpul tidak terbakar dalam peristiwa kebakaran di Banjar Baru Komplek Pondok Satria Amaco, pada Jumat, 15 Juni 2018.

3. Musibah kebakaran yang terjadi di Alalak Selatan pada Selasa, 10 September 2019 di rumah seorang korban kebakaran Hj Rabiatul Adawiyah. Di dalam rumahnya terdapat bingkai foto ukuran besar Abah Guru Sekumpul, dan rak besar yang berisi kitab suci Alquran yang tidak ikut terbakar.

4. Sebanyak lima rumah terbakar di Kota Samarinda, Kaliimantan Timur. Namun ada dua gambar Guru Sekumpul yang tidak terbakar di rumah itu. Kebakaran terjadi di Jalan Ulin Gang Jarak RT 20, Kelurahan Karang Asam Ilir, Sungai Kunjang, Minggu, 10 Mei 2020 sekitar pukul 16.40-18.00 Wita.

5. Foto Abah Guru Sekumpul masih utuh, saat seisi rumah ludes terbakar pada kebakaran di Kampung Jawa Martapura, Kalimantan Selatan pada 2013 silam.

6. Kebakaran menghanguskan enam rumah di Jalan Karya RT 4 Murung Keraton Martapura Kota, Kalimantan Selatan terjadi pada Selasa, 25 September 2018. Akan tetapi tidak menghanguskan kitab yang bersampulkan Abah Guru Sekumpul.

7. Kebakaran terjadi di Jalan Cempaka RT 5 Gang Flamboyan, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar, Kamis 15 Maret 2018. Kalander dengan foto Abah Guru Sekumpul yang terpasang di jendela, tidak terbakar bersama jendelanya.

8. Kebakaran besar terjadi di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa, 16 Agustus 2016 pukul 04.15 WIB. Diperkirakan setidaknya 250 toko di kompleks Pasar Baru A yang ada di Jalan Jawa-Sumatera Kawasan Pasar Besar Palangkaraya terbakar. Dari 250 toko yang terbakar, ada foto KH Muhammad Zaini Ghani atau Guru Sekumpul yang tak terbakar.

9. Foto Abah Guru Sekumpul, ditemukan utuh tak terbakar dalam sebuah musibah kebakaran di Pasar Kandangan Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin 20 Juli 2020 selepas subuh kemarin.

Editor
Komentar
Banner
Banner