Tak Berkategori

Perayaan Natal dan Tahun Baru Kalsel Dijamin Stabil

apahabar.com, BANJARMASIN – Perayaan Natal dan tahun baru 2019, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan…

Featured-Image
Ilustrasi toleransi umat beragama.Foto-UMsurabaya

bakabar.com, BANJARMASIN - Perayaan Natal dan tahun baru 2019, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan optimis stabilitas keamanan dan kenyamanan seluruh umat beragama di Banua ini terjaga.

“Kita sudah komitmen bersama umat beragama agar menjaga kerukunan di Kalimantan Selatan,” ucap Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan, Mirhan kepada bakabar.com, Senin (24/12).

Ia mengungkapkan, rasa optimis itu lahir sesuai dengan pertemuan antar umat beragama yang difasilitasi jajaran Polisi Daerah (Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan dipimpin langsung Kapolda Kalsel, Irjen pol Yazid Fanani.

Menurutnya, pertemuan tersebut menghasilkan beberapa pernyataan sikap antara umat beragama di Kalimantan Selatan.

Pertama berkomitmen menjaga keamanan dalam perayaan Natal dan hingga peralihan 2018 ke 2019.

Mereka juga sepakat menghormati umat yang merayakan Natal. Ketiga, menjaga kerukunan antar umat beragama di Kalimantan Selatan.

“Menghormati pihak yang merayakan Natal merupakan wujud toleransi antar umat beragama di Kalsel,” cetusnya.

Sementara itu, menjelang suasana politik Pemilu 2019 mendatang, FKUB Kalsel sudah mengimbauan untuk tak ada perpecahan walau berbeda pilihan baik itu untuk Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) serta Calon Legislatif (Legeslatif), baik DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota maupun DPD.

“Pilihan boleh beda, tapi di Kalsel tetap bersaudara. Lebih-lebih berada di negara demokrasi,” tegasnya.

Meski kondusifitas di Kalsel relatif aman, menurutnya, semua pihak mesti waspada terhadap sekecil apapun ancaman.”Semoga tak terjadi apa-apa. Kita cuma mengimbau agar tetap rukun, walaupun pilihan berbeda-beda,” pungkasnya.

Seperti yang diwartakan bakabar.com sebelumnya, Wakapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Aneka Pristafuddin bersama PJU Polda Kalsel melakukan pengecekan Pos Pam yang sudah dibangun Senin (24/12) pagi.

Salah satunya Pos Pam Polsek Gambut Polres Banjar yang sudah siap untuk melaksanakan pemantauan terhadap masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru.

Di Pos Pam yang terletak di jalan Ahmad Yani Km 14 Gambut, Wakapolda Kalsel dan rombongan disambut langsung Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete dan jajarannya.

"Pos Pam Ops Lilin Intan 2018 yang di berada di wilayah hukum Polsek Gambut merupakan salah satu Pos Pam yang didirikan dalam rangka pengamanan bagi masyarakat maupun para pengendara yang melintas di jalur jalan lintas Jalan Ahmad Yani KM 12," ujar Kapolsek Gambut AKP Purnoto SH.

Wakapolda Kalsel, kata Purnoto, beserta rombongan mengunjungi Pos Pam Gambut dalam rangka pengecekan kekuatan personel terkait pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun baru serta pengecekan sarana serta prasarananya.

Wakapolda Brigjen Aneka, kata Purnoto, juga memberikan imbauan kepada personil yang sedang berjaga di pos pengamanan agar utamakan keselamatan selalu ingat 3S (Senyum, Sapa, Salam).

"Selain untuk memastikan kesiapan dan kewaspadaan personel, kedatangan rombongan Polda Kalsel juga sebagai Upaya untuk memberikan semangat dan motivasi kepada anggota yang bertugas di Pos Pam ini," tutupnya.

Baca Juga:Polrestro Bekasi Intensifkan Pengamanan Empat Gereja Rawan

Reporter : Muhammad Robby
Editor : Syarif



Komentar
Banner
Banner