Kalsel

Perangi Covid-19, Lanal Banjarmasin Donor Plasma Konvalesen

apahabar.com, BANJARMASIN – Meningkatnya masyarakat yang terpapar Covid-19 memantik reaksi cepat Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal)…

Featured-Image
TEKS: Meningkatnya masyarakat yang terpapar Covid-19 memantik reaksi cepat Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Meningkatnya masyarakat yang terpapar Covid-19 memantik reaksi cepat Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin.

Kamis (12/8) mereka menggelar donor plasma konvalesen di tengah tingginya permintaan terapi penyembuhan Covid-19 itu.

Donor yang digelar Lanal Banjarmasin bekerja sama dengan Komando Armada II (Koarmada) dan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Banjarbaru itu diikuti oleh prajurit, PNS, hingga masyarakat Maritim (pesisir) dan personel perwakilan dari unsur TNI-Polri di Kalsel.

Adapun jumlah peserta donor plasma konvalesen sebanyak 11 orang dan yang lolos screaning 3 orang, untuk peserta donor darah serentak sebanyak 84 orang dan yang lolos screaning 63 orang.

Menariknya, donor siang tadi juga disiarkan secara langsung dari Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi Ketua PMI pusat Muhammad Jusuf Kalla.

Pjs Kepala BP Lanal Banjarmasin Mayor Laut dr. Meutia Indrasakti selaku ketua panitia berterima kasih atas antusiasme warga Pesisir yang mau mendonor.

“Bersama-sama kita membantu pemulihan kesehatan di tanah air akibat dampak dari wabah Covid-19 dan donor darah serentak ini akan menambah kekurangan stok PMI di Wilayah Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Adapun persyaratan utama bagi donor plasma konvalesen antara lain usia 18 – 60 tahun, berat minimal 55 kg, diutamakan laki laki, pernah terkonfirmasi Covid-19, surat keterangan dinyatakan sembuh, tidak memiliki gejala sisa minimal 14 hari sebelum donor, dan tidak menerima transfusi darah selama 3 bulan terakhir.

Donor Plasma Konvalesen termasuk metode terapi tambahan yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

“Tindakan ini bertujuan untuk pasien yang berjuang sembuh. Bagi pendonor yang lolos screaning akan melaksanakan donor plasma konvalesen dengan menggunakan mesin apheresis,” ujarnya.

Di tempat terpisah Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

“Dalam rangka pemenuhan ketersediaan donor plasma konvalesen untuk PMI di seluruh tanah air, guna membantu kepedulian sesama untuk menuntaskan penyebaran Covid-19,” ujarnya. Wabah Covid-19.

“Bersyukur kita masih bisa berbagi dengan sesama melalui donor darah ini, semoga yang hadir ini mendapatkan manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini. Tetap jaga kesehatan sehingga ke depan kita tetap bisa berbuat hal yang baik untuk kebersamaan seperti yang dilaksanakan hari ini,” terangnya.



Komentar
Banner
Banner