Nasional

Peralihan Musim, Begini Upaya Pemprov Kalsel Antisipasi Banjir

Menyambut peralihan musim kemarau ke musim hujan BPBD Kalsel menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi banjir di Banua.

Featured-Image
Banjir di Kabupaten Banjar 2021 silam. Foto-apahabar.com/Hendra

bakabar.com, BANJARBARU - Menyambut peralihan kemarau ke musim penghujan BPBD Kalsel menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi banjir di Banua.

Antara lain, menyosialisasikan KIE (komunimasi, informasi dan edukasi), membuat sistem peringatan dini, menuyusun rencana kontengensi, pelatihan dan peningkatan respons.

Sosialiasai KIE ini dengan cara tatap muka ke masyarakat, seminar kebencanaan di kampus dan lainnya, menggunakan media sosial, membentuk dan melatih penyuluh bencana.

Adapun peringatan dini, BPBD Kalsel telah menyiapkan 34 titik alat EWS banjir yang tersebar kabupaten/kota.

"EWS yang dipasang ini terdiri dari 19 pengukur tinggi muka air dan 15 sirine peringatan dini," papar Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah, Kamis (26/10/2023).

Kemudian membangun koordinasi dengan BMKG, Balai Wilayah Sungai (BWS), PUPR di kabupaten/kota dan Dinas Komunikasi dan Informarsi terkait sistem peringatan dini.

Tak hanya itu, BPBD Kalsel juga melakukan pelatihan dan peningkatan respons para relawan.

"Seperti Desa Tangguh Bencana yang telah terbentuk 33 desa hingga Oktober 2023," kata Suria.

Adapun daerah dengan risiko tinggi terdampak banjir di Banua, antara lain; 20 kecematan di Kabupaten Banjar, 11 kecamatan di Tanah Laut.

Selanjutnya 20 kecamatan di Kotabaru, 17 kecamatan di Barito Kuala, 12 kecamatan di Tapin, 11 di Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah.

10 kecamatan di Hulu Sungai Utara dan Tanah Bumbu, 12 di Tabalong, 8 kecamatan di Balangan, 5 di Banjarmasin serta 4 kecamatan di Banjarbaru.

Editor


Komentar
Banner
Banner