Hot Borneo

Per 2 Februari 2023, BPTD Kalsel Operasikan APILL Bagi Keselamatan Pengguna Jalan

Pada tanggal 2 Februari 2023 mendatang Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengoperasikan APILL

Featured-Image
Pada tanggal 2 Februari 2023 mendatang Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengoperasikan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di Simpang Empat Tugu, Jalan Ahmad Yani Kilometer 17, Gambut, Kabupaten Banjar. Foto-Google Maps

bakabar.com, BANJARMASIN - Pada tanggal 2 Februari 2023 mendatang Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengoperasikan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

Dari pengumuman di Instagram BPTD Kalsel, APILL bakal dioperasikan di Simpang Empat Tugu Pancasila yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kilometer 17 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

Pengoperasian APILL sendiri bertujuan untuk meminimalisir frekuensi dan tingkat kecelakaan serta menyediakan pergerakan lalu lintas yang teratur.

APILL Simpang Empat Tugu Pancasila ini memiliki 3 fase waktu siklus. Simpang Empat Tugu Pancasila memiliki 4 kaki simpang yaitu terdiri dari Jalan Ahmad Yani arah Banjarmasin, Jalan Ahmad Yani arah Banjarbaru, Jalan Gubernur Syarkawi dan Jalan Terminal Gambut Barakat.

Kemudian di Simpang Empat Tugu Pancasila menggunakan juga APILL Smart System yaitu sistem yang dapat di kontrol dan diatur dari jarak jauh serta menjadi awal kemajuan teknologi di sektor Transportasi Darat.

APILL Smart System merupakan sistem pintar yang menjalankan lampu lalu lintas secara otomatis. Sistem ini mengambil input data lalu lintas berupa data kepadatan kendaraan melalui sensor kamera yang secara keseluruhan berjalan otomatis dan dapat juga di monitoring secara real time melalui desktop maupun smartphone.

Sistem ini membuat pembagian durasi lampu lalu lintas menjadi lebih tepat. Ruas jalan yang padat akan mendapat durasi lampu hijau lebih lama, sedangkan ruas jalan lenggang mendapat penyesuaian sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas.

Editor


Komentar
Banner
Banner