Sport

Peparnas XVI Papua 2021: Hattrick Emas Tauhidi, Kalsel Lampaui Target

apahabar.com, JAYAPURA – Target 35 emas yang dipatok Kalimantan Selatan di Peparnas XVI Papua 2021, berhasil…

Featured-Image
M Tauhidi Fatahillah membukukan hattrick emas di Peparnas XVI Papua 2021, setelah memenangi lomba renang 50 meter gaya bebas putra S14. Foto: Istimewa

bakabar.com, JAYAPURA – Target 35 emas yang dipatok Kalimantan Selatan di Peparnas XVI Papua 2021, berhasil dilampaui, Jumat (12/11) pagi.

Kalsel total sudah meraih 36 emas berdasarkan rekapitulasi Games Management System (GMS), setelah M Tauhidi Fatahillah memenangi lomba renang 50 meter gaya bebas putra S14.

Itu merupakan emas ketiga alias hattrick yang dibukukan Tauhidi Fatahillah di Peparnas XVI Papua 2021.

Sebelumnya perenang berusia 18 tahun ini meraih emas dari 100 meter gaya bebas putra dan 200 meter gaya ganti.

Untuk meraih emas ketiga, Tauhidi Fatahillah membukukan catatan waktu 27,28 detik untuk mengungguli rekan sedaerah Arsyad Al Banjari yang kebagian perak.

Sementara perunggu diperoleh perenang tuan rumah, Isak Mimitauw, dengan catatan waktu 28,70 detik atau berselisih tipis dari Arsyad Al Banjari.

Tauhidi Fatahillah menjadi atlet Kalsel kedua yang membukukan hattrick emas di Peparnas XVI Papua 2021.

Catatan itu sebelumnya dibukukan Ansyari yang meraih emas lempar cakram, lempar lembing dan tolak peluru putra klasifikasi F40/F41.

Selain dari kolam renang, catur juga menyumbangkan emas pertama melalui Iberahim dari nomor standar putra tuna netra B1.

Mengingat masih banyak nomor olahraga yang dipertandingkan, bukan tak mungkin Kalsel mencetak rekor baru dalam perolehan emas di Peparnas XVI Papua 2021.

Untuk sementara renang masih menjadi lumbung medali Kalsel dengan 13 emas, diikuti atletik sebanyak 11 emas.

“Pun atletik masih banyak mengikuti nomor lomba, sehingga berpotensi menambah medali lagi,” papar Ketua National Paralympic Committe (NPC) Kalsel, Ahmad Firdaus, seperti dilansir Antara.

Di sisi lain, Papua sudah menembus tiga digit emas untuk memuncaki klasemen perolehan medali dengan 102 emas, 64 perak dan 68 perunggu.

Disusul Jawa Barat dengan 74 emas, 69 perak dan 54 perunggu. Kemudian Jawa Tengah di urutan ketiga yang memperoleh 72 emas, 43 perak dan 58 perunggu.

Kalsel sendiri terbilang nyaman bercokol di peringkat keempat. Faktanya Sumatera Utara di urutan kelima baru memperoleh 25 emas, 27 perak dan 13 perunggu.



Komentar
Banner
Banner