Proyek IKN Nusantara

Penjelasan PHRI Soal Investasi Hotel Belum Ada di IKN Nusantara

Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) mengaku masih 'wait and see' untuk melakukan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Featured-Image
Sektor perhotelan di Balikpapan merasakan dampak positif dari pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim. Sejak ditetapkan sebagai IKN, okupansi perhotelan di Balikpapan mengalami peningkatan karena lokasinya yang dekat dengan IKN, hanya 89,6 kilometer. Foto: Novotel Balikpapan

bakabar.com, JAKARTA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) masih 'wait and see' untuk melakukan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal itu seiring dengan masih terbatasnya pembangunan infrastruktur dan minimnya kunjungan orang di ibu kota negara baru itu.

Wakil Ketua Umum Bidang Hotel PHRI Iswandi Said menegaskan hal itu. Menurutnya, pembangunan hotel baru akan menjadi kebutuhan berikutnya, setelah infrastruktur seperti jalan, kantor dan perumahan tersedia.

"Nah untuk hotel, nanti akan ada pada saat pembangunan infrastruktur lainnya seperti kantor, kawasan perumahan. Pada saat itu orang baru membikin hotel," ujar Iswandi kepada bakabar.com, Jumat (23/6).

Sejauh ini, kata Iswandi, mereka yang beraktivitas di IKN lebih memilih untuk tinggal di Samarinda.

Alasannya, di kota itu semua kebutuhan bisa tercukupi dan aksesnya cukup mudah untuk ke IKN dan bandara.

"Jadi kemarin itu kita lihat orang-orang yang bekerja di IKN dia stay-nya malah di Balikpapan, Samarinda, karena memang disana tidak ada hotel juga," papar Iswandy.

Ia kembali mengingatkan bahwa hotel akan diperlukan hanya ketika aktivitas pemerintahan dan perkantoran mulai ramai.

Hal lainnya bertambahnya kunjungan orang ke IKN untuk beragam keperluan. Tanpa itu, kehadiran hotel menjadi sia-sia.

"Itu aja sih pertimbangan kenapa belum dibangun. Karena hotel ini kan perlu memikirkan yang namanya investasi itu harus berapa tahun," paparnya.

Kata Iswandi, hal itu ada hubungannya dengan tingkat hunian dan perputaran orang-orang yang check-in dan check-out. " Kalau sekarang ini kan belum kelihatan, karena masih dalam tahap pembangunan," tegasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner