Habar Pemilu 2024

Pengamat: Sikap Zairullah Bakal Ubah Peta Politik Capres-Cawapres, Termasuk PKB Kalsel

Keputusan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bakal merubah peta politik di Kalsel.

Featured-Image
Keputusan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bakal megubah peta politik di Kalsel. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Keputusan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dinilai bakal mengubah peta politik di Kalsel.

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof Bachruddin Ali Akhmad, mengatakan sikap Zairullah bakal memukul barisan pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan PKB Kalsel.

DPP PKB Kalsel pun mengambil tindakan untuk mengangkat Cucun A Syamsurijal mengantikan Zairullah yang undur diri dari Ketua PKB Kalsel.

“Pukulan pernyataan tersebut tetap membekas cukup dalam di pikiran dan perasaan, karena pribadi tadi tidak bisa dipisahkan dari status sebagai ketua partai dan kepala daerah,” ujar Prof Bachruddin Ali, Kamis (18/1/2024).

Bachruddin mengatakan, Zairullah bisa menentukan peta kekuatan capres-cawapres. Karena, Zairullah memiliki para pendukung dan simpatisan, khusus di Kalsel.

“Teknik komunikasi metaphor yang digunakannya, bukan ditujukan kepada para elit, tetapi juga kepada khalayak agar secara luas diketahui oleh masyarakat. Pernyataan itu semakin kuat pukulannya,” tuturnya.

Di sisi lain, pernyataan Zairullah tersebut bisa berpotensi jadi boomerang untuk dirinya jika ingin maju pada Pilkada 2024.

Sebab, sikap Zairullah sekarang tak sejalan dengan parpol yang menjadi perahu politiknya.

Tapi, kondisi tersebut bisa jadi bukan masalah bagi Zairullah.

“Bagi seorang politisi mapan memiliki dan menjadi tokoh parpol tidak sulit. Bukan parpol yang lebih independen, ketimbang seorang politisi,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner