Guru SMPN

Pengabdian ke Masyarakat, Prodi Bahasa dan Sastra FKIP ULM Latih Guru SMPN di Banjarmasin

Prodi Bahasa dan Sastra FKIP ULM menggelar pelatihan untuk MGMP Bahasa Indonesia tingkat SMP Negeri se-Kota Banjarmasin.

Featured-Image
Prodi Bahasa dan Sastra FKIP ULM menggelar pelatihan untuk guru-guru SMPN se-Banjarmasin. Foto: apahabar.com/Riyad

bakabar.com, BANJARMASIN - Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar pelatihan untuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia tingkat SMP Negeri se-Kota Banjarmasin.

"Kegiatan ini merupakan salah satu penerapan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat," kata Rusma Noortyani selaku Ketua Pengabdian Prodi Bahasa dan Sastra FKIP ULM.

Suasana pelatihan 'Massive Online Open Source (MOOC) Barbasis Quizizz' yang digelar Prodi Bahasa dan Sastra FKIP ULM. Foto: bakabar.com/Riyad
Suasana pelatihan 'Massive Online Open Source (MOOC) Barbasis Quizizz' yang digelar Prodi Bahasa dan Sastra FKIP ULM. Foto: bakabar.com/Riyad

Adapun materi yang diberikan adalah 'Massive Online Open Source (MOOC) Barbasis Quizizz'. MOOC, jelas Rusma, adalah suatu konsep pembelajaran yang berbasis online.

"Dalam pelatihan ini kita menggunakan teknologi Google Clasroom, agar guru-guru bisa membuat satu situs pembelajaran berbasis online. Untuk konten kita fokus dengan materi kuis," terangnya.

Pembuatan kuisnya, kata Rusma, memakai aplikasi Quizizz yang dilengkapi dengan fitur-fitur game.

"Pada kuis itu nanti juga ada permainannya," paparnya.

Dengan begitu ketika materi pembelajaran kuis itu disuguhkan ke para peserta didik di sekolah, akan menjadikan suasana belajar-mengajar menjadi menyenangkan.

Setelah pertemuan tatap muka hari ini, pelatihan juga masih akan dilanjutkan hingga dua pekan ke depan melalui online.

Untuk diketahui, Selain Rusma Noortyani, pemateri pada kegiatan itu adalah Noor Cahaya dan Fatchul Mu'in.

Editor
Komentar
Banner
Banner