Hot Borneo

Pendaftaran Panwascam Ditutup, Bawaslu Banjarbaru Lanjut Tahap Seleksi

Bawaslu Banjarbaru lanjut menggelar tahapan seleksi. Seusai mengumumkan penutupan seleksi Panwascam.

Featured-Image
Bawaslu Banjarbaru segera menggelar seleksi Panwascam. Foto-Ilustrasi/RMOL

bakabar.com, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarbaru lanjut menggelar tahapan seleksi. Seusai mengumumkan penutupan seleksi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Dijelaskan, bahwa sebanyak 102 orang calon Panwascam telah dinyatakan lolos administrasi. Angka ini usai 6 orang diantaranya dinyatakan tak lolos tahapan administrasi.

Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar menyebut jika 102 orang ini tak langsung serta merta lulus sebagai Panwascam. Mereka masih harus mengikuti sejumlah tahapan lagi.

"Sekarang ini masuk tahapan seleksi tertulis. Setelahnya baru masuk seleksi wawancara," bebernya, Selasa (18/10).

Seleksi tertulis sendiri katanya menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Lokasinya di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Banjarbaru.

"Jadi, dari 102 orang yang secara umum lolos secara berkas administrasi dan mengikuti tes tertulis. Mereka akan diseleksi yang kemudian menjadi 6 besar tiap Kecamatan," katanya.

Mengacu format itu, maka nantinya hanya akan ada 30 calon peserta yang masuk ke tahap seleksi wawancara.

Dengan demikian, sekitar 72 orang nanti yang akan gugur di tahapan seleksi ini.

Di tahapan wawancara, para calon Panwascam ini sebutnya akan kembali dikerucutkan menjadi 3 besar untuk tiap-tiap kecamatan.

"Sehingga total akan ada 15 calon Panwascam yang lanjut ke tahap selanjutnya," jelasnya.

Adapan pada tahapan seleksi wawancara, para peserta akan diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pemilihan umum (pemilu), dan peraturan perundang-undangan.

"Seperti Pancasila, UUD 1945, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Peraturan Bawaslu, kesekretariatan dan juga pengetahuan umun tentang demokrasi," tuntasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner