Kalsel

Pemprov Kalsel Maksimalkan Lab Uji Covid-19, Pasien Sembuh Terus Bertambah

apahabar.com, BANJARMASIN – Seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan, jumlah pasien sembuh turut meningkat. Upaya…

Featured-Image
Data sebaran covid-19 di Kalsel.Foto-GTPP Covid-19 Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN – Seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan, jumlah pasien sembuh turut meningkat. Upaya pemerintah menghadapi wabah ini di antaranya adalah dengan memaksimalkan tempat pengujian sampel Covid-19.

“Saat ini 13 kabupaten/kota sedang gencar melakukan upaya tracing dan testing. Ada beberapa laboratorium yang kita fungsikan selain BBTKLPP Banjarbaru,” ucap Juru bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam rilisnya Jumat (19/6).

Salah satunya pada RSUD Ansari Saleh Banjarmasin yang telah didatangkan alat PCR belum lama ini. Diharapkan pengujian swab dapat dilakukan lebih cepat, sehingga antrean di BBTKLPP Banjarbaru dapat berkurang.

“Mudah-mudahan dengan penambahan laboratorium yang kita persiapkan akan memberikan percepatan dan kecepatan terhadap hasil yang dikonfirmasi,” ujarnya

Sebagai informasi, ada 15 pasien sembuh dalam laporan GTPP hari ini. Terdiri dari 10 pasien perawatan RSUD Ulin Banjarmasin, 3 pasien perawatan RSUD Hasan Basry Kandangan dan 2 pasien perawatan RS Bhayangkara Banjarmasin. Seluruhnya menjadi 366 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sampai saat ini.

Pasien positif masih dilaporkan bertambah setiap harinya. Ada 66 kasus baru hari ini, sehingga total seluruhnya menjadi 2.392 kasus positif Covid-19 di Kalimantan Selatan.
“66 kasus tersebut 9 di antaranya berasal dari PDP dan selebihnya 57 kasus hasil tracking surveilans di lapangan,” sebut dia.

Dalam laporannya, Muslim menyebut jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 270 pasien dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 851 orang. Sedangkan, pasien meninggal dunia yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilaporkan tercatat sebanyak 152 kasus.

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner