Pemkot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin Siap Kawal Pilkada 2024

Ibnu menegaskan kesiapan dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar di Kota Banjarmasin.

Featured-Image
Ibnu menegaskan kesiapan dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar di Kota Banjarmasin. Foto: Humas

bakabar.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjadi pembina Apel Pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) kota Banjarmasin.

Kegiatan berlangsung di halaman Satpol PP Banjarmasin, Senin (26/08/2024).

Ibnu menegaskan kesiapan dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar di Banjarmasin.

Pernyataan ini disampaikan saat memimpin apel persiapan pengamanan Pilkada, yang melibatkan satuan SATPOL PP dan LINMAS dengan seragam dan semangat baru.

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina menyatakan pentingnya koordinasi dan sinergi antar lembaga demi memastikan proses pemilihan berjalan lancar dan aman.

"Tingkatkan koordinasi, sinergi, dan kerjasama dengan seluruh pihak terkait, seperti KPU, Bawaslu, aparat keamanan, serta instansi vertikal lainnya," ujarnya.

Ia menekankan bahwa tugas menjaga demokrasi adalah tanggung jawab bersama demi menciptakan pemilihan yang adil dan terbuka bagi semua calon.

Wali kota juga mengingatkan pentingnya pengawasan ketat mulai dari pencoblosan hingga penghitungan suara untuk mengurangi potensi kecurangan dan sengketa hasil pemilu.

"Pelaksanaan harus dikawal dengan baik, sehingga meminimalisir gugatan atau ketidakpuasan yang muncul akibat kecurangan," katanya.

Ibnu Sina menambahkan, peran LINMAS sangat vital dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses pemilihan, "Sebanyak 310 personel LINMAS telah kita siapkan untuk diturunkan di kecamatan dan kelurahan, dan nanti juga ada pengamanan PAM TPS yang direkrut  oleh KPU," pungkasnya.

Dengan persiapan yang matang dan kerjasama semua pihak, Ibnu Sina optimis bahwa Pilkada di Kota Banjarmasin akan berjalan dengan sukses dan damai.

Editor
Komentar
Banner
Banner