Pemkab Tala

Pemkab Tala Akan Bedah 570  Rumah, Alokasi Anggaran Rp  12 Miliar  

Pemkab Tala Alokasikan Anggaran Bedah Rumah 12 Miliar

Featured-Image
Bedah rumah program Bantuan Hunian Bagi Masyarakat ( BAHIMAT) pemerintah daerah. Foto-Humas DPRD Tala

bakabar.com, PELAIHARI - Sebanyak 570 unit rumah akan mendapatkan bantuan dari program Bantuan Hunian Bagi Masyarakat ( BAHIMAT) pemerintah daerah, melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Tanah Laut.

Belum lama ini satu unit rumah program BAHIMAT diresmikan Pj Bupati Tanah Laut H Syamsir Rahman di Desa Tirta Jaya, Kecamatan Bajuin. 

Awalnya bantuan bedah rumah ini telah terlaksana sekitar 270 unit,  tahun ini tambah naik  menjadi 273 unit rumah yang masuk dalam program BAHIMAT. 

Kepala Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman ( Perkim) Arif Setiawan mengatakan, program Bantuan Hunian Bagi Masyarakat ( BAHIMAT) pemerintah daerah ini, murni melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2024, Rabu ( 28/2/2024). 

Anggaran yang digelontorkan untuk program BAHIMAT tahun ini mencapai Rp 12 miliar lebih. Bantuan Hunian Bagi Masyarakat ( BAHIMAT) tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Tanah Laut.  

“Khusus rumah  yang  datanya sudah masuk dan dilakukan verifikasi data ulang memastikan rumah tersebut layak atau tidak mendapatkan bantuan program BAHIMAT,” katanya.  

Ia berharap, melalui program BAHIMAT  itu dapat mengurangi  tingkat kemiskinan ekstrim dan Stunting. Tahun 2019 di klaim sebanyak 4000 unit rumah yang mendapatkan bantuan bedah rumah dan terselesaikan sebanyak 2000 unit rumah. 

"Sehingga untuk pembenahan di tahun selanjutnya tinggal tersisa sekitar 2000 unit rumah," ujarnya. 

Arif menyebutkan, data bantuan bedah rumah  disinkronkan dari SKPD terkait, Dinas Sosial, BPS dan Dinas Kesehatan. 

Setiap data pengajuan bedah rumah akan dilakukan pengecekan administrasi kelengkapan KTP, KK, Surat Tanah minimal Sporadik dan Foto Kondisi rumah.   

“Program ini setiap tahunnya selalu ada peningkatan,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner