Kalsel

Pemkab HST Tergiur Tawaran Internet Fiber Optik via Jaringan Listrik

apahabar.com, BARABAI – Anak Perusahaan PT PLN Persero, PT Indonesia Comnets Plus (ICON) menawarkan akses atau…

Featured-Image
Sekda HST, HA Tamzil dan Manajer PT. ICON Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan, Erwin Pauang Pongmasakke saat pengenalan jaringan layanan internet melalui jaringan listrik di Ausitorium Pemkab HST, Selasa (10/9). Foto- Masruswian for apahabar.com.

bakabar.com, BARABAI – Anak Perusahaan PT PLN Persero, PT Indonesia Comnets Plus (ICON) menawarkan akses atau layanan internet melalui jaringan listrik kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

PT ICON ini sejak 2008 bergerak di bidang teknologi dan komunikasi. Berbeda pada layanan internet umumnya, perusahaan ini menggunakan teknologi internet melalui kabel listrik (broadband-over-powerline).

Saat ini teknologi yang paling canggih menggunakan fiber optik (media tranmisi kabel kaca) dalam pengelolaan jaringan. Peran PT ICON Plus di PLN ini sebagai penyedia aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh PLN.

Dengan fiber optik di jaringannya, proses lebih mudah dari pembangunan jaringan selular pada umumnya yang memerlukan frekuensi (tidak ada biaya izin frekuensi). Serta tidak membutuhkan jaringan radio aktif (4G atau 5G), sehingga lebih murah dan cepat.

"Tujuan kita adalah untuk menawarkan kerja sama dengan Pemkab HST dalam mengembangkan akses internet dengan menggunakan jaringan fiber optik," ujar Manajer PT. ICON Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan, Erwin Pauang Pongmasakke saat pengenalan jaringan itu di Ausitorium Pemkab HST, Selasa (10/9).

Dengan adanya internet via jaringan listrik yang digagas anak perusahaan dari PT. PLN (Persero) itu diharapkan bisa menjadi solusi penyediaan akses telekomunikasi.

Supaya dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat Bumi Murakata dan tentunya juga tata kelola pemerintahan yang baik terwujud.

Kepala Dinas Kominfo, Edina Fitria Rahman rupanya tergiur dengan tawaran itu. Pasalnya, selain berbiaya murah kata Edina, banyak keuntungan yang didapatkan. Seperti, kecepatan akses internet yang tinggi, keamanan serta jangkauan akses yang luas.

"Kita akan presentasikan lagi ke seluruh OPD terkait lainnya," ucap Edina.

Sementara itu, SekdaHST, HA Tamzil berharap melalui pengenalan itu dapat menghasilkan rumusan yang tepat. Baik itu keunggulan maupun gambaran dari layanan internet dan infrastruktur yang rencananya akan di bangun tahun 2020 nanti.

“Sampaikan gagasan, ide masing-masing untuk saling berkontribusi dalam memberikan sumbangsih pemikiran, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan harapan kita bersama,” tegas Tamzil.

Baca Juga: Pemkab Tanbu Segera Wujudkan Kabupaten Kota Sehat

Baca Juga: Pemkab HSS Kejar Target Capaian Imunisasi

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner