Pemkab HSS

Pemkab HSS Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang di Padang Batung

Pemkab HSS menyalurkan bantuan sosial pascabencana banjir bandang di Dusun Bukuanin Desa Mawangi, Padang Batung.

bakabar.com, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menyalurkan bantuan pascabencana banjir bandang di Dusun Bukuanin Desa Mawangi, Padang Batung.

Penyaluran bantuan sosial tersebut diserahkan langsung Bupati HSS Achmad Fikry beserta jajaran, Dandim 1003/HSS Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, Wakapolres HSS Kompol Rissan kepada para korban terdampak.

Bupati Achmad Fikry menyampaikan keprihatinan atas musibah bencana banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (25/02) sekitar pukul 02.00 WITA.

Bencana yang terjadi begitu mendadak ini merusak sebanyak 21 tempat tinggal warga Dusun Bukuanin Desa Mawangi, Padang Batung.

"Hari ini kami bersama Forkopimda dan instansi terkait menyerahkan langsung bantuan terdampak banjir bandang," kata Bupati Achmad Fikry.

Dalam musibah itu, dua buah rumah hilang. Sedangkan yang lainnya rusak pada bagian dapur, dinding dan lain-lain.

"Mudah-mudahan langkah pemerintah daerah ini bisa meringankan beban dan segera bisa memperbaiki rumah-rumah mereka," kata Bupati Achmad Fikry.

Sinergitas antara pemerintah daerah, TNI dan Polri, serta instansi terkait dalam penanganan musibah banjir Sabtu (25/02) kemarin berjalan dengan baik sehingga dampaknya dapat diminimalisir.

"Alhamdulillah sudah bisa terpantau semua. Terima kasih kepada TNI-Polri, para relawan di lapangan yang sangat luar biasa dalam penanggulangan bencana," ungkapnya.

Dalam aturan, lanjut Bupati Fikry, tahap awal penanganan bencana merupakan kewajiban desa sehingga jika ada dapur umum merupakan urusan pihak desa.

Setelah tiga hari berjalan, jika masih dalam penangangan bisa berkoordinasi dengan BPBD dan dinas sosial terkait Kabupaten turun atau cukup dana desa yang mengelola.

"Jadi tidak seperti dulu kita menunggu kabupaten, sekarang desa sudah siap dengan dananya masing-masing apakah dapur umum atau format lain itu urusan desa masing-masing," terangnya.

Bupati HSS bersyukur banjir luapan sungai berangsur turun pada kemarin sore, dan hari ini tinggal membersihkan tumpukan sampah dan lumpur yang mengendap.

"Nanti saya minta kepada Pak Ronaldy [Kepala Dispera KPLH HSS], pemadam kebakaran dibantu masyarakat ikut membersihkan terutama sekolah, masjid dan sebagainya," ucapnya.

Bagi masyarakat yang kesulitan air bersih juga akan diberikan langsung menggunakan unit pemadam kebakaran.

Selain penanggulangan bencana banjir, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang HSS ternyata ikut berperan membersihkan titik-titik longsor di kawasan Pegunungan Meratus.

"Yang penting masyarakat tidak terisolasi. Alhamdulillah kerja sama ini merupakan suatu hal yang patut kita syukuri dan kita jaga serta kita pelihara," tuturnya.

Bupati HSS berpesan kepada seluruh masyarakat supaya tetap waspada karena menurut BMKG kemungkinan cuaca ekstrim masih panjang beberapa hari ke depan.

Salah satu penerima bantuan korban banjir bandang, Rahman mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta seluruh jajaran Pemkab HSS, TNI dan Polri serta relawan yang telah membantu.

"Adanya bantuan sosial berupa dana perbaikan rumah dan sembako serta lainnya sangat membantu kami, sekali lagi kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih," ungkap Rahman.

Editor
Komentar
Banner
Banner