Pemkab HSS

Pemkab HSS Pastikan Pasokan dan Harga Pangan Stabil Jelang Idulfitri

Pemkab HSS menggelar apel siaga jelang lebaran IdulFitri 1445 hijriah tahun 2024 di Taman Palidangan Sehati Kandangan.

Featured-Image
Apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan menjelang IdulFitri 1445 H. Foto-Kominfo HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menggelar apel siaga jelang lebaran IdulFitri 1445 hijriah tahun 2024 di Taman Palidangan Sehati Kandangan, Senin (01/04).

Apel ini dilaksanakan secara daring dan langsung melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) melibatkan dinas-dinas yang menangani urusan pangan di 38 provinsi dan 514 kabupaten kota.

Selain itu juga dalam rangka dukungan terhadap Program Stabilitas Harga Pangan (PSHP) yang dicanangkan Badan Pangan Nasional guna mengamankan pasokan dan harga pangan.

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah, Sekretaris Daerah (Sekda) HSS Muhammad Noor hadir didampingi Asisten, Kepala Bagian Setda, Kepala Perangkat Daerah, dan Polres HSS.

Sementara itu di Komplek Gudang Bulog DKI Jakarta Mentan Amran Sulaiman, Mendag Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional, Irjen Kemendagri, dan Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi hadir secara nasional.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa GPM akan dilakukan serentak di 38 Provinsi, 514 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia sampai dengan 9 April 2024 mendatang. 

"Kita lakukan untuk memastikan agar pasokan dan harga pangan terjaga dengan baik. Masyarakat di seluruh Indonesia bisa mendapatkan kebutuhan pokok mempersiapkan lebaran dengan baik," lanjutnya.

GPM didukung Badan Pangan Nasional, BUMN bidang pangan, stakeholders, termasuk Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo), pemerintah provinsi, serta pemerintah kabupaten dan kota.

Sekda HSS Muhammad Noor mengatakan bahwa Pemkab HSS mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok.

"Tentunya ini akan memberikan kemudahan aksesibilitas pangan masyarakat, meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok masyarakat," ucap Sekda Muhammad Noor.

Apalagi, lanjut Sekda Muhammad Noor menjelang IdulFitri tingkat pembelian maupun penjualan meningkat dibandingkan hari-hari biasanya.

"Ini sebagai upaya kami pemerintah mengendalikan inflasi pangan," tandasnya.

Dalam apel siaga di HSS, Sekda Muhammad Noor turut menyempatkan diri memantau bazar produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Disnakerkop-UKM dan pasar murah di depan Taman Palidangan Sehati Kandangan.

Editor
Komentar
Banner
Banner