Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Tingkatkan Kapasitas Anggota BPD Awasi Kinerja Kades

Pemkab Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melakukan pembinaan kepada anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

Featured-Image
Kegiatan peningkatan kapasitas anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Hotel Treepark, Kecamatan Kertak Hanyar, pada 11 - 12 Juli 2023. foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Pemkab Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melakukan pembinaan kepada anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

Para BPD dibina berupa peningkatan kapasitas yang digelar di Hotel Treepark, di Kecamatan Kertak Hanyar, pada 11 - 12 Juli 2023.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, BPD sebagai unsur lembaga legislatif di tingkat desa dituntut untuk mengawal dan menjaga kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pambakal agar sesuai dengan tujuan dan capaian visi dan misi.

Secara umum, kata Saidi, tugas BPD adalah membahas dan menyepakati peraturan desa serta mengawasi kinerja kepala desa, sehingga wajib dipahami oleh seluruh anggota BPD.

“Secara bertahap nanti Pemerintah Kabupaten Banjar melalui DPMD akan selalu berusaha untuk dapat meningkatkan kapasitas BPD dalam menunjang percepatan pencapaian visi dan misi Kabupaten Banjar yang Maju Mandiri dan Agamis (MANIS),” ucap Saidi membuka kegiatan, kemarin.

Sementara Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Banjar, Hafiz Anshari, menjelaskan metode peningkatan kapasitas anggota BPD antara lain dengan menyampaikan materi, pengawasan, evaluasi, serta kinerja kepala desa yang disampaikan pemateri dari tenaga ahli kabupaten dan Dinas PMD yang telah dilatih.

“Melalui kegiatan ini semoga lebih meningkatkan kapabilitas dan kapasitas anggota BPD sehingga nanti dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat terlaksana dengan baik,” harapnya.

Pada kegiatan tersebut diikuti 560 anggota BPD dari 4 kecamatan, yaitu Gambut, Kertak Hanyar, Tatah Makmur, dan Martapura Barat. Adapun untuk BPD lainnya, akan dijadwalkan kemudian.

Baca Juga: Terbesar Kedua Ternak Sapi di Kalsel, Pemkab Banjar Bangun Pasar Hewan

Editor


Komentar
Banner
Banner