Kalsel

Pemkab Banjar Gelar Bimtek dan Lomba Kemasan Produk Olahan Pangan

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan lomba kemasan produk olahan…

Featured-Image
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar bersama dengan Wakil TP PKK Kabupaten Banjar melakukan pengecekan produk dari IKM kecamatan-kecamatan di Kabupaten Banjar. Foto-apahabar.com/AHC 15

bakabar.com, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan lomba kemasan produk olahan pangan Industri Kecil Menengah (IKM) untuk meningkatkan daya jual produk IKM. Senin (12/8/2019) sekitar pukul 09.00 Wita.

Kegiatan yang diselenggarakan di Guest House Sultan Sulaiman tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Siti Raudatul Wardiah, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurbita Tiyas, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati serta para pejabat lainnya.

Pada kegiatan tersebut, I Gusti Made Suryawati menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membuat seluruh IKM yang ada di Kabupaten Banjar menjadi lebih berkembang dan juga kreatif dari sebelumnya. Selain itu, juga menjadi ajang memperkenalkan produk masing-masing kecamatan.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai jual harga produk, juga menarik minat konsumen melalui desain kemasan dan kreatifitas para pelaku IKM," ujarnya.

Dia juga menyampaikan, untuk dapat membuat kemasan yang menarik, pihaknya sudah menyediakan Rumah Kemasan Disperindag Kabupaten Banjar yang memfasilitas pembuatan maupun pendesainan kemasan produk. Rumah Kemasan tersebut, diakuinya, sudah dibangun sejak tahun 2018, yang berdiri di belakang kantor Kecamatan Martapura Kota.

“Jadi, kalau ada masalah dalam hal mendesain kemasan, kami sudah menyediakan tempat untuk membuatnya dan juga gratis,” ujarnya.

I Gusti Made mengharapkan agar para camat bisa berkoordinasi dengan pihak penggerak PKK, agar dapat membantu para pelaku usaha menengah yang ada di kecamatannya masing-masing.

Produk IKM yang telah dihadirkan di Guest House Sultan Sulaiman, menurutnya, belum maksimal.

"Mungkin tahun depan akan lebih kita tingkatkan lagi kemasan-kemasan yang ada di seluruh Kabupaten Banjar," tuturnya.

Baca Juga: Demi Kesehatan Siswa, Guru di Batola Ikuti Bimtek Keamanan Pangan Sekolah

Baca Juga: Pacu Konservasi Energi, ESDM Kalsel Gelar Bimtek

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner