Pemkab Balangan Fokus Tingkatkan Kualitas SDM Lewat Pendidikan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan terus menggenjot sektor pendidikan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah ini.

Featured-Image
Bupati Balangan Abdul Hadi menyerahkan bantuan kepada salah satu siswa berprestasi. Foto-Diskominfo Balangan

bakabar.com, PARINGIN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan terus menggenjot sektor pendidikan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah ini.

Melalui berbagai inisiatif yang telah diluncurkan, Pemerintah setempat berkomitmen untuk menciptakan generasi muda yang unggul dan siap bersaing di era global.

Salah satu langkah inovatif yang dilakukan adalah peluncuran program "Kartu Balangan Pintar".

Program ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan yang lebih merata kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Balangan.

Dengan Kartu Balangan Pintar, diharapkan biaya pendidikan tidak lagi menjadi kendala bagi anak-anak di daerah tersebut untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas.

"Program Kartu Balangan Pintar merupakan hasil kerja sama pemerintah daerah dengan Bank Kalsel, dalam memberikan bantuan kepada para pelajar dari keluarga kelas menengah hingga bawah yang belum terlayani oleh Kartu Indonesia Pintar," kata Bupati Balangan, Abdul Hadi.

Abdul Hadi menyebut bantuan ini diberikan dalam bentuk tabungan di bank, yaitu tabungan simpel (Simpanan Pelajar) pada Bank Kalsel.

Yang mana nantinya bantuan ini dapat dipergunakan untuk membeli sejumlah peralatan sekolah seperti alat tulis dan sebagainya, serta sisanya untuk tabungan pelajar itu sendiri.

Tak hanya itu, Pemkab Balangan juga melakukan peningkatan kapasitas tenaga pendidik melalui studi banding ke negara maju seperti Amerika Serikat.

Dengan melibatkan para pendidik dalam program studi banding ini, diharapkan mereka dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan memperoleh wawasan baru dalam bidang pendidikan yang dapat diimplementasikan di daerah.

Kerja sama bidang pendidikan dengan Australia juga menjadi salah satu langkah strategis yang diambil oleh pemerintah Kabupaten Balangan.

Supaya dapat memperoleh berbagai pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang pendidikan, serta memperluas jaringan kerja sama internasional yang dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Pemkab Balangan juga meluncurkan program beasiswa 1.000 sarjana untuk anak-anak di Balangan.

"50 diantaranya akan kita kirim ke Australia, 50 orang ke Jepang, dan 50 orang ke Jerman. Semoga ke depan sumber daya manusia di Balangan adalah yang terunggul di Kalsel," lanjut Bupati.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemkab Balangan dalam menggenjot sektor pendidikan telah membuahkan hasil yang membanggakan.

Kabupaten Balangan berhasil meraih berbagai penghargaan di bidang pendidikan.

Prestasi ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah setempat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Bumi Sanggam.

Editor


Komentar
Banner
Banner