Pemkab Banjar

Pemilu 2024, ASN Pemkab Banjar Berkomitmen Jaga Netralitas

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Banjar berkomitmen menjaga netralitas pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Featured-Image
ASN Pemkab Banjar menandatangani pakta integritas menjaga netralitas pada Pemilu 2024. foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Banjar berkomitmen menjaga netralitas pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Hal ini dinyatakan saat pembacaan Ikrar Bersama dan Penandatanganan Pakta Integritas Netralitas ASN di halaman Kantor Bupati Banjar, Senin (23/10/2023).

Pembacaan ikrar dipimpin oleh Sekda Banjar sekaligus Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Banjar HM Hilman, yang diikuti seluruh ASN Pemkab Banjar.

Penandatanganan pakta integritas netralitas ASN dilakukan secara langsung dan digital melalui smartphone masing-masing. Diawali oleh Sekda Banjar dilanjutkan ASN Eselon II, yang disaksikan Bupati H Saidi Mansyur dan Forkopimda Banjar.

Sekda Banjar Hilman mengatakan, Undang - undang memerintahkan bahwa ASN harus netral dalam pemilu dan pilkada. ASN harus menjaga netralitasnya. Ia mengatakan, ada sejumlah larangan bagi ASN dalam rangka menjaga netralitas.

"ASN tidak boleh berfoto dengan calon kepala daerah maupun calon legislatif, tidak boleh memasang stiker dan baliho calon di rumah," jelas Hilman.

Sementara, Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan pembacaan ikrar bersama merupakan bukti nyata netralitas pegawai ASN serta kesungguhan untuk mendukung penyelenggaraan pemilu Tahun 2024.

"Kami mengapresiasi kegiatan ikrar bersama guna mengedukasi netralitas ASN," ucap Saidi.

Menurutnya, setiap abdi negara harus memahami pentingnya netralitas dalam menjalankan tugasnya. Selain itu pengawasan dan penegakkan disiplin terhadap ASN yang melanggar merupakan langkah krusial untuk menjaga profesionalisme jajaran ASN Pemkab Banjar.

"Saya berharap komitmen ini bukanlah sekedar formalitas, tetapi sebuah tekad yang tulus untuk menjaga marwah dan kehormatan sebagai abdi negara. Mari bersama-sama kita mewujudkan Pemilu 2024 yang bersih, adil, dan bermartabat,” harapnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner