Religi

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada Minggu 3 April 2022

apahabar.com, JAKARTA – Hasil sidang isbat yang diputuskan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI memutuskan…

Featured-Image
Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada Minggu 3 April 2022. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Hasil sidang isbat yang diputuskan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI memutuskan awal puasa jatuh pada Minggu (3/4).

Keputusan itu berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal Ramadan 1443 Hijriah yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Jumat (1/4) malam.

“Secara mufakat 1 Ramadan jatuh pada Ahad (Minggu) 3 April 2022,” ujar Yaqut membacakan keputusan sidang isbat di Kementerian Agama dilansir CNNindonesia, Jumat (01/04)

Yaqut menyampaikan keputusan tersebut berdasarkan hisab yang dilakukan dari pengamatan di seluruh Indonesia yang mana meskipun hilal sudah di atas ufuk namun belum memenuhi kriteria ketinggian 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat

Sementara pada tahun-tahun sebelumnya, Kemenag masih mengacu kriteria hilal (bulan) awal Hijriah adalah pada ketinggian 2 derajat, elongasi 3 derajat, dan umur bulan 8 jam.

Sementara itu, diketahui Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan terlebih dahulu 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu (2/4).

Keputusan Muhammadiyah tersebut berdasarkan hasil perhitungan wujudul hilal yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.



Komentar
Banner
Banner