Kalsel

Pemenang Lomba Keluarga Sejahtera Diberi Penghargaan

apahabar.com, BANJARMASIN  – Memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI Tahun 2019, Pemerintah Kota memberikan penghargaan kepada…

Featured-Image
Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah memberikanpenghargaan kepada 14 orang pemenang dalam lomba keluarga sejahtera se-Kota Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI Tahun 2019, Pemerintah Kota memberikan penghargaan kepada 14 orang pemenang dalam lomba keluarga sejahtera tingkat Kota Banjarmasin.

Menurut H Hermansyah, peringatan HARGANAS XXVI Tahun 2019 ini, merefleksikan tentang empat konsep pendekatan ketahanan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi.

"Konsep ini sangat bermanfaat dalam menghadapi era 4.0, agar keluarga tetap memiliki ketahanan," ujarnya.

Era industry 4.0 ini, lanjutnya, lebih memiliki kerentanan dalam pertahanan keluarga, karena pada era ini pemanfaatan teknologi lebih dikedepankan, sehingga hal ini lebih cenderung mengurangi interaksi langsung antar anggota keluarga.

Untuk itu, menurut Hermansyah, sebagai wahana utama dalam sosialisasi nilai-nilai kehidupan, keluarga harus memiliki delapan fungsi yaitu,agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, sosial pendidikan, reproduksi, sosial budaya, dan lingkungan.

"Dengan menjalankan seluruh fungsi-fungsi keluarga tersebut, maka akan tercapai keluarga yang berkualitas dan berketahanan serta berkarakter yang nantinya akan menciptakan bangsa Indonesia yang sejahtera," terangnya.

Baca Juga: Harganas XXVI 2019, Berikut Rangkaian Kegiatannya

Baca Juga: Harganas XXVI Picu Gairah Pariwisata dan UMKM Kalsel

Sementara itu, 14 orang yang dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba keluarga sejahtera di tingkat Banjarmasin adalah H Khairul Mulyadi dari Kecamatan Banjarmasin Utara untuk kategori pemenang lomba Penyuluhan KB. Masrida dari Kecamatan Banjarmasin Barat untuk kategori pemenang Lomba PPKBD.

Untuk lomba SUB PPKBD dimenangkan oleh Norsyah dari Kecamatan Banjarmasin Timur. Lomba BKB dimenangkan oleh Belimbing dan Hj Misriati dari Kecamatan Banjarmasin Timur. Lomba BKR diraih oleh Segar dan Hadijah dari Kecamatan Banjarmasin Timur.

Lomba BKL dimenangkan Kasih Ibu atau Fatmawati dari Banjarmasin Utara. Lomba KB Lestari 10 Tahun diraih oleh Ahmad Husein dan Nornas dari Kecamatan Banjarmasin Utara. Lomba KB Lestari 15 Tahun, diraih oleh Idy Junaidy dan Risvi Indriyati dari Kecamatan Banjarmasin Timur.

Lomba KB Lestari 20 Tahun diraih oleh H Haris Fadilah dan Hj Masraya dari Kecamatan Banjarmasin Timur. Lomba UPPKS dimenangkan oleh Aster dan Evy Meirita Dwi Astuti dari Kecamatan Banjarmasin Timur.

Lomba Orangtua Hebat dimenangkan oleh Akhmad Hidayat dan Milawati dari Kecamatan Banjarmasin Selatan. Lomba PPKS dimenangkan oleh Bintang Selatan dan Toto Suranto dari Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Selain itu, dalam penyerahan piagam dan tropi yang dilakukan langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah, diberikan pula penghargaan kepada dua warga yang memenangkan lomba dalam rangka HARGANAS XXVI Tahun 2019.

Mereka adalah Fahrina Agustin dari Kecamatan Banjarmasin Barat yang meraih juara pertama lomba Yel-Yel dan Fatmawati dari Kecamatan Banjarmasin Utara yang meraih pemenang pertama Lomba Penyuluhan Kearifan Lokal.

Baca Juga: Wisata Susur Sungai Martapura Saat Harganas 24 Jam

Baca Juga: Parade Jukung Hias Siap Semarakkan Harganas Ke-26

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner