Kalsel

Peduli Lingkungan, PT. JBG Tetapkan Area Konservasi Beruang Madu dan Kayu Balangiran

apahabar.com, PELAIHARI – Komitmen mempertahankan dan melestarikan daya dukung lingkungan, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan…

Featured-Image
Beruang Madu. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Komitmen mempertahankan dan melestarikan daya dukung lingkungan, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara PT. Jorong Barutama Grestone (JBG) punya program perlindungan keanekaragaman hayati dengan menetapkan area konservasi.

Penetapan area konservasi ini menurut Kepala Tehnik Tambang Ir. I Igede Widiada itu berdasarkan kegiatan pemantauan ditemukan spesies Belangiran (Shorea balangeran) di area konservasi Galam dan Beruang Madu (Helarctos malayanus).

"Itu ditemukan area hutan rivarian Sungai Asam-asam (sempadan sungai) yang juga bersebelahan dengan area reklamasi tambang. Makanya kita tetapkan," sebut Gede, Minggu (29/9/2019).

Semua spesies yang dikonservasi baik flora maupun fauna adalah spesies yang tercatat dalam IUCN Red List, yakni merupakan daftar flora fauna yang dilindungi karena hampir punah. IUCN adalah lembaga internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam.

"Setidaknya ada dua sarang beruang madu yang terdapat di area konservasi JBG," ujarnya.

Untuk menjaga kelestarian area konservasi Beruang Madu, PT. JBG berkerjasama dengan Pemerintah Desa Asam-asam. Adapun untuk konservasi Belangiran di area hutan Galam PT. JBG bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat.

Tak hanya kegiatan konservasi, managemen JBG, juga mengembangkan Pembibitan dan Pemeliharaan Tanaman Langka yang Dilindungi.

Diantaranya Ulin ( Eusideroxylon zwageri), Meranti Merah (Shorea leprosula), Kasturi (Mangifera casturi), Belangiran (Shorea balangeran) dan Gaharu (Aquilaria malaccensis).

Kepala Tehnik Tambang PT. JBG Ir. I Made Widiada mengatakan beberapa jenis tanaman masuk ke IUCN Red List karena sudah mulai langka atau punah di habitatnya.

"Selain mempertahankan dan melestarikan keanekaragaman hayati, PT. JBG juga melakukan pengkayaan keanekaragaman hayati dengan melakukan pembibitan Kasturi dan Belangiran di area pembibitan. Juga melakukan penanaman Ulin, Meranti Merah, Kasturi, Belangiran dan Gaharu di area reklamasi tambang," sebutnya.

Pelaksanaannya, kegiatan ini didukung oleh masyarakat Desa Karang Rejo dan dicatat dalam MoU penyediaan bibit khususnya Kasturi.

Ia menambahkan Ini bentuk komitment PT.JBG untuk mematuhi peraturan yang berlaku dan untuk mencapai lebih dari taat (beyond compliance).

"Selain itu program ini juga merupakan bentuk kepedulian PT.JBG terhadap pelestarian flora dan fauna di area operasinya," katanya.

Baca Juga: Kedapatan 'Setrum Ikan', Warga Kandangan Ini Langsung Ditangkap

Baca Juga: Intrusi Air Laut, Hiu Masuk Sungai Barito

Reporter: Ahc14
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner