Tak Berkategori

Pecah Konsentrasi Air, Median Jalan Ahmad Yani di Banjarmasin Dijebol

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah upaya dilakukan demi menanggulangi banjir di Banjarmasin. Termasuk di antaranya menjebol sejumlah…

Featured-Image
Sejumlah pengendara melintasi median jalan yang baru dijebol demi memecah konsentrasi air. Foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah upaya dilakukan demi menanggulangi banjir di Banjarmasin. Termasuk di antaranya menjebol sejumlah median jalan, Senin (18/1).

Median yang dibuka sebanyak tiga lokasi. Mulai dari Kilometer 3, 5 dan 6. Semuanya berada di Jalan Ahmad Yani.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, menjelaskan penjebolan median jalan nasional ini bertujuan menstabilkan genangan air yang merendam sepanjang Ahmad Yani.

Diyakini penjebolan media jalan dapat mengurangi ketinggian air di Kecamatan Banjarmasin Timur yang terdampak banjir paling parah.

“Ini situasi mendesak, karena debit air di Banjarmasin Timur tinggi, sementara di bagian seberang lebih surut. Setidaknya upaya ini mengurangi genangan air di Banjarmasin Timur,” papar Wali Kota.

Ibnu tak bisa menampik, dampak penjebolan media jalan tersebut berimbas ke kawasan Banjarmasin Selatan. Tepat di lajur Ahmad Yani masuk kota.

“Kendati bisa berimbas ke Sungai Pekapuran, paling tidak upaya itu dapat menyeimbangkan debit air dulu,” tukas Ibnu.

Memang penjebolan median itu lantas diprotes sejumlah warga Kompleks Banjar Indah, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Tak lama setelah dibongkar, debit air di kawasan itu meningkat.

“Kami meminta Gubernur, Wali Kota, Camat maupun pihak terkait untuk segera meninjau kawasan kami,” cetus Suhaidi, salah seorang warga.



Komentar
Banner
Banner