Kalsel

Pawai Taaruf, Sekda HST Naik Unta Keliling Barabai  

apahabar.com, BARABAI – Tak hanya para siswa tingkat dasar dan menengah, Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai…

Featured-Image
Sekda HST, HA Tamzil menaiki unta replika saat Pawai Taaruf. Foto-Masrus for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI - Tak hanya para siswa tingkat dasar dan menengah, Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Tengah (HST), HA Tamzil juga ikut ambil bagian menjadi peserta Pawai Taaruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, Minggu (1/9).

Dia ikut berkeliling Kota Barabai menggunakan unta replika. Kehadirannya itu menjadi pusat perhatian masyarakat yang menyaksikan.

Lana dan Amin, warga Birayang, kaka beradik ini ikut menyaksikan pawai taaruf. Keduanya tak mengira bahwa sosok yang menggunakan kacamata dan sorban sebagai penutup kepala itu seorang pejabat.

"Mulanya bingung. Kok ramai sorakan saat pelepasan peserta pawai. Setelah didekati, ternyata Pak Sekda naik unta," aku dua saudara itu padabakabar.com.

Suasana pun bertambah meriah, para peserta yang mayoritas siswa pun termotivasi dengan kehadiran pejabat di Pemerintahan HST itu. Ke 28 kelompok peserta itu langsung meneriakkan yel-yelnya.

Menanggapi itu, Sekda HST mengatakan, memeriahkan tahun baru Islam itu merupakan kewajiban semua masyarakat termasuk pemerintah. Terlebih dia memang suka dan terbiasa berbaur dengan berbagai kalangan termasuk anak-anak.

"Adakalanya pejabat harus ikut andil. Ini salah satu wujud perhatian kita kepada generasi milenial, mengenalkan tahun baru islam, 1 Muharram," terang Sekda HST.

Sebelumnya, pukul 08.00, ratusan pelajar yang terdiri dari 28 kelompok di tiap sekolah dasar hingga menengah di HST memadati kawasan Lapangan Dwi Warna Barabai.

Mereka mengikuti Festival Pawai Taaruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H. Pukul 09.00, Bupati HST, melepas secara resmi kelompok pawai untuk mengelilingi Kota Barabai.

Di garis akhir, kelompok-kelompok pawa yang terpilih mendapat penghargaan dengan total Rp 27 juta. Mereka yang terpilih berdasarkan keputusan dewan juri terhadap penyajian terbaik replika serta busana yang bernuansa Islami.

Baca Juga: Demo Masak di Barabai, Antusiasme Warga Bikin Mama Lita Terharu

Baca Juga: Semarak Tahun Baru Islam 1441 H di Balangan

Baca Juga: 50 Produk Unggulan HST Meriahkan Kalsel Expo 2019

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner