Pemkab Tanah Laut

PAW di DPRD Tala, Dua Politisi Senior Demokrat dan NasDem Berganti  

Dua politisi senior dari Partai Demokrat dan NasDem Tanah Laut (Tala) berganti.

Featured-Image
Paripurna DPRD Tala agenda PAW politisi Demokrat dan NasDem sisa masa jabatan tahun 2019-2024, Selasa (1/8/2023). Foto-apahabar.com

bakabar.com, PELAIHARI - Dua politisi senior dari Partai Demokrat dan NasDem Tanah Laut (Tala) berganti.

Pergantian melalui proses Rapat Paripurna DPRD Tala dengan acara peresmian pemberhentian serta pengangkatan pengganti antar waktu (PAW) sisa masa jabatan tahun 2019-2024, Selasa (1/8/2023).

Politisi senior yang PAW dari partai Demokrat, yakni almarhum H Syaifuddin Noor meninggal dunia pada Juni 2023 digantikan oleh  satu daerah pemilihan (Dapil) 2 yaitu Rudiansyah Assegaf.

Jejak almarhum H Syaifuddin Noor pada periode lalu terhitung sudah empat kali menjabat sebagai DPRD Tala, dua kali duduk di kursi legislatif dari partai yang berbeda.

Sementara politisi senior partai NasDem dua kali menjabat anggota DPRD Tala dari Dapil 3 secara resmi mengundurkan diri, yakni H Husnul Fatahillah digantikan Melda Wati.

Jalannya rapat paripurna berlangsung singkat, diawali dengan pembukaan rapat paripurna oleh ketua DPRD Muslimin.

Dilanjutkan dengan penyampaian pidato Gubernur Kalsel dilanjutkan janji jabatan dan diakhiri oleh pembacaan doa.

Muslimin mengatakan, anggota dewan yang baru saja dilantik agar segera secepatnya bersosialisasi dengan DPRD yang lain dan menyambung aspirasi masyarakat. 

“Almarhum H Syaifuddin Noor digantikan oleh Rudiansyah Assegaf. Sementara H Husnul Fatahillah digantikan Melda Wati,” kata Muslimin di Gedung Paripurna.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, PAW kali ini menggantikan politisi senior yang berkecimpung di DPRD Tala hampir 20 tahunan.

H Syaifuddin Noor merupakan sosok yang baik banyak memberikan sumbangsih untuk Tanah Laut.

“PAW periode 2019 sampai 2024 sudah sudah delapan  kali melantik anggota dewan yang baru , sepertinya di Kalsel, Ketua DPRD Kabupaten  Tanah Laut yang memecahkan rekor melantik anggota dewan baru,” pungkasnya.

Dari data yang dihimpun beberapa sumber, DPRD Tala awal melaksanakan PAW sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Pertama tahun 2021 dari partai NasDem Almarhum Edy Purwanto digantikan oleh H Aminulah Wibisono, dapil 2.

Masih tahun yang sama PAW kedua oleh DPRD Tala dari partai Gerindra Almarhum Ahmad digantikan Zam Husein dari  dapil 4.

Menyusul digelarnya Rapat Paripurna Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Tala sisa Masa Jabatan 2019-2024, yakni Rahmanudin menggantikan Syahrun rekan sesama dapil 2. 

Tidak berlangsung lama PAW dilanjutkan politisi Gerindra di tahun 2022 Zam Husein, yang  meninggal dunia. Kursi jabatan digantikan sesama dapil 3 kepada Upik Astuti.

PAW kembali bergulir di DPRD Tala tahun 2023, Reny Yohana dari partai Hanura menggantikan Hj Yuliani. 

Tidak berhenti disitu saja ketua DPRD Tala kembali melantik anggota dewan dari PKS, yakni atas nama Suryani Pramesti Podo digantikan Achmad Sakuri.

Baca Juga: Kabar Duka, Anggota DPRD Tala H Fudin Meninggal Dunia

Editor


Komentar
Banner
Banner