DPRD Tanah Bumbu

Paripurna DPRD Tanbu, Eksekutif Sampaikan LPj APBD 2022

DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TA 2022.

Featured-Image
Paripurna DPRD Tanah Bumbu. Foto-Humas DPRD Tanah Bumbu.

bakabar.com, BATULICIN - DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani, didampingi Wakil Ketua I, Said Ismail Khollil Alydrus, dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum, Andi Aminuddin, yang mewakili Bupati, Rabu (7/6).

Baca Juga: Hibah dari Kementrian ESDM, Ratusan Lampu LED Akan Terangi Kawasan Pinggiran Banjarmasin

Bupati melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, Andi Aminuddin, menyampaikan laporan realisasi anggaran tahun anggaran 2022 yang terdiri atas pendapatan daerah terealisasi 111,74 persen.

Pendapatan tersebut terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, Dana Pemerintah Pusat, Pendapatan Transfer Antar Daerah, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Sedangkan untuk belanja daerah tahun 2022 dengan realisasi 94,50 persen.

Selanjutnya pada tahun 2022 Kabupaten Tanah Bumbu telah merealisasikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan capaian 71,79 persen dari target sebesar 71,46 persen - 72,20 persen.

Baca Juga: Konferwil NU IX 2023, Ulama se-Kalsel Akan Bahas Fikih Digital

Kemudian pertumbuhan ekonomi daerah tercapai 5,45 persen dari target tahun 2022 yakni 4,30 persen - 6,40 persen.

Indikator makro pembangunan daerah lainnya adalah penurunan angka kemiskinan. Di tahun 2022 Kabupaten Tanah Bumbu berhasil menurunkan angka kemiskinan dengan capaian 4,26 persen dari target sebesar 4,29 persen - 4,19 persen.

Andi Aminuddin memaparkan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus berupaya mengerahkan segenap sumberdaya dan potensi yang ada, untuk mewujudkan masyarakat Tanah Bumbu yang mandiri dan sejahtera.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan demi mewujudkan visi dan misi pembangunan hingga 2026 mendatang. Keberhasilan dalam capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan tahun 2022 ini berkat dukungan dan peran serta legislatif, eksekutif dan masyarakat Tanah Bumbu,” bebernya.

Editor


Komentar
Banner
Banner