Arus Balik 2023

Pantau Pergerakan Arus Balik, Menhub: Penumpang LRT Naik 30 Persen

Menhub Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melakukan pantauan pada sejumlah terminal hingga stasiun LRT.

Featured-Image
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan konjungan pada salah satu terminal di Sumatera Selatan. Foto: dok. Kementerian Perhubungan

bakabar.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melakukan pantauan pada sejumlah terminal hingga stasiun LRT. Hal itu dilakukan untuk memastikan arus balik mudik lebaran berjalan dengan lancar.

“Dari keterangan Gubernur, ada peningkatan kuantitas signifikan, misalnya dari angkutan penyeberangan, jalan tol yang mengalami peningkatan, bahkan pengguna LRT Sumsel naik 30 persen," ujar Menhub yang dikutip, MInggu (30/4).

Tapi, di tengah lonjakan pergerakan pada arus mudik dan balik tahun ini, pelaksanaannya berjalan relatif lancar. Ada beberapa indikator yang mendukung hal tersebut, seperti kenaikan jumlah penumpang angkutan umum maupun kendaraan yang melintas dari dan ke Sumatera.

Baca Juga: Berkah Lebaran, Roda Ekonomi Daerah di Tangan UMKM

Ia menjelaskan, akan terus meningkatkan pelayanan transportasi publik di Provinsi Sumsel yang menjadi daerah percontohan atau role model dari pengelolaan angkutan massal perkotaan.

"Oleh karenanya kami berdiskusi bersama pak Gubernur untuk terus menambah titik-titik rute angkutan feeder dari LRT Sumsel agar okupansinya terus meningkat,” tutur Menhub.

Ia berencana untuk menambahkan sejumlah rute LRT enuju ke Universitas Sriwijaya. Pembangunan tersebut nantinya akan dilakukan bersama-sama antara pemerintah pusat, provinsi dan juga BUMN.

Baca Juga: Rute Favorit Perjalanan H+6 Lebaran, Bandara Soetta: Bali dan Medan

Pada arus mudik tahun ini fasilitas infrastruktur transportasi yang ada di Sumatera semakin ditingkatkan seperti Jalan Tol Trans Sumatera, Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Pelabuhan Panjang, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Melalui penambahan fasilitas dan infrastruktur transportasi tersebut penyelenggaraan arus mudik dan balik dari dan ke Sumatera semakin lancar dan nyaman.

“Penyeberangan Merak – Bakauheni dan juga jalan tol Trans Sumatera menjadi salah satu titik krusial yang kami perhatikan pada arus mudik dan balik,” ucap Menhub.

Baca Juga: Smart Contract, Indodax: Dapat Dimanfaatkan untuk Bidang Pemerintahan

Ia mengingatkan kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi lonjakan arus balik kedua pada Minggu dan Senin. Setiap pihak yang terlibat diminta untuk mengantisipasi lonjakan tersebut dengan baik.

“Kami mohon dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan arus mudik dan balik. Karena tidak mungkin mudik ini bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan dari para masyarakat yang melakukan mudik," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner