Tak Berkategori

Panen Melon, Wali Kota Dukung Kesejahteraan Petani Banjarbaru

apahabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin didampingi Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Inf Imam…

Featured-Image
Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin saat memanen melon di Kebun Alfatani Berkah Semesta Komplek Citra Hasanah RT.029 RW.02 belakang POM Bensin Cempaka, Sabtu (27/3/2021). Foto-Ist

bakabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin didampingi Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Inf Imam Muchtarom dan Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah memanen melon hasil panen Paguyuban Petani Hortikultura se-Kelurahan Cempaka.

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai silaturahmi dengan para petani hortikultura di Cempaka.

“Alhamdulillah, karena dapat bersilaturahmi dengan Paguyuban Petani Hortikultura Cempaka sekaligus panen melon di kebun Bapak Alfin,” ujar Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin saat dijumpai di Kebun Alfatani Berkah Semesta Komplek Citra Hasanah RT.029 RW.02 belakang POM Bensin Cempaka, Sabtu (27/3/2021).

Kata Aditya, meskipun Banjarbaru daerahnya kecil, tetapi pertaniannya tak kalah dengan yang daerahnya lebih luas.

“Mudah-mudahan produk pertanian Banjarbaru bisa menjadi produk unggulan Kota Banjarbaru. Kami pemerintah kota juga siap untuk mensupport dan membantu apa yang dibutuhkan para petani dan nantinya akan kita lihat apa yang menjadi prioritas yang dibutukan para petani,” tegasnya.

Dengan dukungan Pemkot Banjarbaru, Aditya berharap dapat membantu petani di Banjarbaru agar sejahtera.

“Mudah-mudahan ini menjadi satu langkah untuk kedepannya agar kita lebih maju lagi, dan tentunya akan membuat para petani di Banjarbaru lebih sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Petani Hortikultura Cempaka (PPHC) Akhmad Rutka mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Banjarbaru dan para Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Banjarbaru yang hadir pada kegiatan panen melon sekaligus silaturahmi Paguyuban Petani Hortikultura itu.

Akhmad Rutka menyampaikan PPHC merupakan sebuah perkumpulan yang melibatkan para petani khususnya yang bergerak di bidang hortikultura.

“Terbentuknya PPHC diawali dari silaturahmi dan keeratan perasaan yang sama untuk memajukan usaha tani kami secara berkelanjutan. Tentunya dengan melibatkan PPL setempat, para mitra tani seperti PT Pertiwi dan lain-lain,” jelasnya.

Pihaknya, lanjut Rutka, juga mengajak para kelompok-kelompok tani untuk saling bergerak memberikan informasi dan berbagi pengalaman dalam hal usaha tani sehingga menjadikan petani maju, mandiri dan modern.

Untuk diketahui, PPHC memiliki keanekaragaman usaha pertanian.
Seperti cabe, tomat, terong, timun, kacang panjang dan melon serta komoditas lainnya.

Setiap tahunnya luasan lahan hortikultura yang sudah diusahakan oleh para petani ini mencapai kurang lebih 50 hektar.

“Kami PPHC juga memohon kepada Wali Kota dapat dibantu sehingga ke depan kami bisa menghasilkan komoditas yang memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga mampu menjadikan Banjarbaru juara (Maju Agamis dan Sejahtera) khususnya disektor pertanian,” ungkapnya.



Komentar
Banner
Banner