Sport

Pandemi Belum Usai, Dorna Sports Pastikan MotoGP 2022 Sesuai Jadwal

apahabar.com, JAKARTA – Di tengah penyebaran Covid-19 varian omicron, Dorna Sports memastikan MotoGP 2022 tetap menggelar…

Featured-Image
Sejumlah kru MotoGP mengenakan masker dalam tes pramusim di Sirkuit Mandalika. Foto: Tempo

bakabar.com, JAKARTA – Di tengah penyebaran Covid-19 varian omicron, Dorna Sports memastikan MotoGP 2022 tetap menggelar 21 balapan dan dihadiri penonton.

MotoGP 2022 akan menyelenggarakan 21 balapan yang menjadi musim terpanjang dalam sejarah, setelah kehadiran dua sirkuit baru.

Masalahnya pandemi Covid-19 yang masih tersebar di berbagai negara, sempat memunculkan kekhawatiran seperti dua tahun terakhir.

Namun demikian, Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP, juga telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi.

Selain vaksinasi yang mulai merata, kelancaran tes pramusim di Sepang dan Mandalika membuat Dorna Sports meyakini 21 seri di musim 2022 berlangsung sesuai jadwal.

“Secara perlahan setiap negara kembali ke kondisi normal,” papar CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, seperti dilansir MotorSport, Sabtu (19/2).

“Dalam kasus terburuk, kami akan memiliki situasi serupa dengan musim 2021. Namun kami meyakini musim 2022 akan jauh lebih baik,” tegasnya.

MotoGP 2022 memulai seri perdana di Qatar yang berlangsung 6 Maret. Balapan ini menjadi penanda era baru setelah Valentino Rossi pensiun.

Menunjang keyakinan tersebut, Dorna Sports juga sudah mengeluarkan aturan tambahan, terkait personal di paddock.

Khusus di MotoGP Qatar, setiap orang harus memberi tahu Dorna tentang negara berasal, nomor penerbangan dan tanggal kedatangan, jenis vaksin terakhir, ukuran dosis, tanggal vaksinasi terakhir dan hotel menginap.

Sementara di MotoGP Jerman, pertemuan pribadi dimungkinkan lagi untuk mereka yang telah divaksinasi dan mereka pulih dari Covid-19.

Tidak diberlakukan lagi pembatasan akses dan kontrol di ritel, meski persyaratan penggunaan masker tetap berlaku.

Untuk event besar seperti MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, okupansi maksimal 75 persen dan maksimal 25.000 penonton.

Dorna Sports berasumsi bahwa 85 hingga 100 persen tiket penonton dapat dijual di sebagian besar negara. Ini terjadi di Indonesia, Texas, dan di Portugal.

Sementara di musim 2020, jumlah 100 persen penonton hanya diperbolehkan di beberapa balapan seperti di Spielberg dan Valencia.



Komentar
Banner
Banner