Banjarmasin Hits

Optimalkan Pelayanan, Bapas Banjarmasin Launching Aplikasi Sibaban

Balai Permasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin melaunching aplikasi Sistem Informasi Bapas Banjarmasin (Sibaban) dan meresmikan Rumah Singgah Griya Abhipraya

Featured-Image
Balai Permasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin melaunching aplikasi Sistem Informasi Bapas Banjarmasin (Sibaban) dan meresmikan Rumah Singgah Griya Abhipraya, Kamis (29/12/2022). Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Balai Permasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin melaunching aplikasi Sistem Informasi Bapas Banjarmasin (Sibaban) dan meresmikan Rumah Singgah Griya Abhipraya, Kamis (29/12/2022).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Lilik Sujandi menyampaikan aplikasi Sibaban dibuat dalam rangka mempermudah baik dari kegiatan laporan, litmas, dan kegiatan lainnya.

"Termasuk mempermudah informasi pada pihak yang menangani pembinaan pada anak berhadapan hukum (ABH)," ujarnya.

Karena lembaga ini, kata Lilik, tidak bisa bekerja sendiri dan memerlukan sinergitas dari institusi penegak hukum lain, terlebih untuk pemberian diversi.

Menariknya, aplikasi ini juga bisa diakses aparatur hukum hingga masyarakat umum.

Usai melaunching aplikasi Sibaban, kegiatan dilanjutkan dengan meresmikan Rumah Singgah Griya Abhipraya yang sebelumnya merupakan gedung eks kantor imigrasi.

Rumah Singgah Griya Abhipraya yang diresmikan hari itu bisa sebagai wadah partisipasi masyarakat.

"Kita komunikasikan dengan klien (warga binaan yang akan kembali ke masyarakat) untuk mendapatkan pembekalan keterampilan sebelum nantinya kembali sepenuhnya di lingkungan sosial," lanjut Lilik.

Kepala Bapas Kelas I Banjarmasin, Pudjiono Gunawan menambahkan, dengan adanya aplikasi Sibaban, tentu akan mempermudah pekerjaan petugas.

"Tentu ini akan sangat membantu petugas," sebunya.

"Tugas dari pembimbing pemasyarakatan saya nilai lumayan berat. Karena membawahi 5 wilayah yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Batola," tambahnya.

Dengan luasnya wilayah binaan, semua aparat penegak hukum yang terlibat ujar Pudjie, diharapkan bisa memaksimalkan aplikasi ini untuk mendapatkan informasi dan langsung mengunduh hasil penelitian masyarakat (litmas).

Sedangkan di Rumah Singgah Griya Abhipraya, kata Pudjie, nantinya akan diberikan dimanfaatkan untuk pembimbingan kemandirian, kepribadian dan tempat tinggal bagi yang klien Bapas Kelas I Banjarmasin yang belum memiliki rumah tinggal atau keluarganyaq jauh.

"Kita harapkan apa yang dilakukan hari ini dapat bermanfaat dan membantu pelayanan secara maksimal," tukasnya.

Pada acara itu turut hadir kelompok masyarakat hingga rumah UMKM seperti Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar, Rumah Pelita, hingga Masjid Al Jamal, MG-Elang Utara dan Fire Resque.

Editor
Komentar
Banner
Banner