Kalsel

Nyepi di Labuhan HST, TNI-Polri Disiagakan

apahabar.com, BARABAI – Ada 75 umat Hindu menggelar Persembahyangan Tilem di Desa Labuhan Kecamatan Batang Alai…

Featured-Image
Proses Pemercikan Air Tirta menyambut Nyepi di Labuhan HST, Sabtu (13/3)./Foto: Erwan for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Ada 75 umat Hindu menggelar Persembahyangan Tilem di Desa Labuhan Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS).

Persembahyangan Tilem di Pura Agung Datu Magintiri di Labuhan RT 6 itu dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1943 yang jatuh pada Minggu, 14 Maret 2021.

Mengangkat tema “Kolaborasi dalam Menuju Indonesia Maju”, agenda sakral ini mendapat pengamanan anggota TNI-Polri dari Kodim 1002 Barabai dan Polres HST.

Persembahyangan menyambut Nyepi yang dipimpin Pemangku Roben ini dimulai dengan Dharma Wacana yang dibawakan oleh Susi Kasmina. Temanya “Sejarah Hari Raya Nyepi”

Menjelang petang, agenda dilanjutkan dengan Pemercikan Air Tirta. “Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi dan untuk membersihkan diri umat Hindu sebelum melaksanakan puasa selama 24 Jam,” ucap Pemangku Roben sebelum memulai Persembahyangan, Sabtu (13/3).

Roben menerangkan selama Nyepi nanti, warganya akan mendapat pengamanan dari TNI dan Polisi.

“Selama kegiatan, kita menerapkan protokol kesehatan,” tutup Roben.

Danramil 1002-01/Birayang, Kapten Inf Subhan menuturkan, pengamanan keagamaan umat Hindu itu dilakukan sebagai wujud dan bentuk toleransi umat beragamam

“Kami (TNI-Polri) siap mengamankan kegiatan keagamaan apapun selagi itu tidak bertentangan dengan ideologi kita, Pancasila,” tegas Subhan.



Komentar
Banner
Banner