Inovasi Nokia

Nokia Ungkap Strategi Baru untuk Dorong Era Digitalisasi di Indonesia

Nokia memperbarui strategi dan menegaskan komitmennya di Indonesia untuk menjadi pemimpin teknologi serta memaksimalkan potensi digitalisasi.

Featured-Image
Nokia ungkap strategi bisnisnya di Indonesia. Foto: apahabar.com/Tashya

bakabar.com, JAKARTANokia membeberkan sejumlah strategi terbaru dalam mendorong percepatan transformasi digital sekaligus pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam acara bertajuk "Amplify Indonesia", Nokia menampilkan beberapa inovasi, produk, dan teknologi terbarunya dari seluruh portofolio perusahaan, jaringan seluler, cloud, dan teknologi infrastruktur jaringan.

Presiden Direktur Nokia Indonesia, Ozgur Erzincan mengatakan strategi tersebut sejalan dengan strategi pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan.

"Strategi baru Nokia adalah bagian dari inisiatif kami yang lebih besar untuk membantu ekosistem Indonesia menangkap dan mendorong peluang transformasi digital di setiap industri," kata Ozgur di Jakarta, Rabu (7/6).

Baca Juga: Nokia N75 Max 5G Tampil Segar dan Terjangkau, Pesaing Galaxy S23 Ultra

Dengan demikian, lanjut Ozgur, pihaknya yakin peluang untuk perjalanan transformasi digital Indonesia sudah matang untuk peningkatan produktivitas, keberlanjutan, dan aksesibilitas yang besar.

"Kami berharap dapat memberikan solusi terbaik yang dibutuhkan untuk mendorong bangsa ini maju menuju masa depan," ujarnya.

Adapun pembaruan strategi ini akan memosisikan Nokia di garda terdepan inovasi nasional, sekaligus memelopori solusi jaringan generasi berikutnya dan inovasi teknologi B2B.

Hal itu memungkinkan korporasi di Indonesia dan penyedia layanan komunikasi untuk membuka potensi digital mereka dengan fokus 5G serta memaksimalkan peluang untuk digitalisasi.

Baca Juga: Menyibak Spesifikasi Nokia Edge 2023, Siap Saingi Pamor iPhone 14

Selain itu juga memungkinkan pelanggannya untuk bertransformasi dan mempersiapkan dunia digital yang lebih imersif, saling terkoneksi, dan stabil.

Berikut inovasi yang dihadirkan Nokia untuk menjadi pemimpin teknologi serta memaksimalkan potensi digitalisasi.

MX Industrial Edge

Teknologi ini menggabungkan kelincahan dan kesederhanaan model edge-as-a-service dengan arsitektur edge berkinerja tinggi, tangguh, dan aman.

Ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mission-critical dari lingkungan industri padat aset.

Misalnya, pemantauan video feeds dan peringatan secara real-time, serta solusi analitik video tingkat lanjut untuk aplikasi penting seperti jaminan kualitas atau keamanan.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Nokia C12 Pro, Ponsel Sejutaan dengan Baterai Jumbo

NetGuard Cybersecurity Dome

Inovasi ini memberikan solusi keamanan cyber dengan menggunakan teknologi pre-built 5G untuk menjamin keamanan jaringan.

Tim keamanan jaringan dapat memilih penggunaan 5G dari katalog komprehensif untuk mencakup seluruh teknologi telekomunikasi dari RAN hingga Transport dan Inti.

Wavence Microwave Solutions

Ini adalah solusi lengkap untuk semua penggunaan yang mencakup manajemen berbasis jarak jauh, jarak pendek, E-Band, dan SDN (Software Definable Networks), baik untuk operator seluler maupun pelanggan korporasi.

Implementasi zero-footprint untuk arsitektur full-outdoor dapat diintegrasikan langsung dengan perangkat RAN dan IP dengan manajemen umum.

Baca Juga: Nokia Hadirkan Ponsel C22 dan C32, Diklaim Kuat 3 Hari Tanpa Dicas

Ini akan berkontribusi pada pengurangan konsumsi energi jaringan secara keseluruhan dan fitur perangkat lunak serta fitur otomatisasinya membantu mencapai target penghematan energi lebih lanjut.

Solusi Produk Optikal

Produk dan solusi jaringan optik Nokia memungkinkan penskalaan tanpa batas yang memungkinkan konektivitas dasar untuk komunikasi jaringan.

Solusi Nokia berskala dari jaringan edge dan melintasi tautan jarak jauh/inti dan bawah laut, sekaligus menyederhanakan operasi jaringan untuk membangun yang lebih cerdas dan otomatis.

Solusi otomatisasi jaringan Nokia membantu CSP, korporasi webscale, dan korporasi lainnya agar dapat menumbuhkan pendapatan, mempercepat penyebaran layanan, serta membangun jaringan IP dan optik yang lebih terprogram, sekaligus responsif, efisien, dan andal.

Baca Juga: Nokia N73 Siap Tantang Galaxy S23 dan iPhone 14, Intip Spesifikasinya

Pengembangan Chipset Sendiri

Chipset ReefShark Nokia hadir untuk jaringan end-to-end 5G, meningkatkan kecerdasan dan kinerja antena MIMO yang masif, serta Modul Sistem AirScale.

Teknologi ini dikembangkan sendiri dengan memanfaatkan pengalaman dalam desain silikon.

Nokia dikenal juga ahli dalam pengembangan antena untuk perangkat seluler dan inovasi Nokia Bell Labs dalam Artificial Intelligence (AI).

Kemudian platform berkemampuan PSE-6s yang dirancang untuk membantu operator memastikan jaringan transmisi optik mereka dapat diskalakan untuk memenuhi permintaan kapasitas yang meningkat secara eksponensial.

Platform itu memberikan layanan berkecepatan sangat tinggi secara efisien termasuk 400GE dan 800GE, sekaligus menurunkan konsumsi daya jaringan.

Baca Juga: Pasar Ponsel di Indonesia Masih Anjlok pada Kuartal Pertama 2023

Lalu inovasi chipset Quillion Nokia yang mendukung GPON, XGS-PON, NG-PON2, dan Multi-PON Modules (misalnya, GPON + XGS-PON).

Selanjutnya inovasi slikon pemrosesan jaringan FP5 Nokia yang memberikan lompatan generasi dalam kapasitas jaringan IP dan efisiensi daya.

Itu sekaligus memperkenalkan kemampuan baru untuk melindungi lalu lintas jaringan dari ancaman keamanan FP5 yang merupakan silikon routing berkinerja tinggi pertama di industri.

FP5 menetapkan tolok ukur baru untuk keberlanjutan dalam IP routing dengan pengurangan konsumsi daya sebesar 75% dibandingkan generasi sebelumnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner