Kalsel

Ngotot ke Pantai Batakan, Belasan Wisatawan HSS Positif Covid-19

apahabar.com, PELAIHARI – Kendati objek wisata di Kabupaten Tanah Laut (Tala), tutup selama PPKM dan dijaga…

Featured-Image
Puluhan wisatawan dari Kabupaten HSS, 17 di antaranya dinyatakan positif covid-19, saat dilakukan tes antigen oleh Tim Puskesmas Batakan didampingi Tim Satuan Tugas Covid-19 Tala, Sabtu (4/9) malam. Foto: Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Kendati objek wisata di Kabupaten Tanah Laut (Tala), tutup selama PPKM dan dijaga ketat satgas namun ternyata masyarakat luar daerah masih saja membandel tetap ngotot melakukan perjalanan wisata.

Hasilnya dari 25 wisatawan dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), 17 dinyatakan positif Covid-19, saat dilakukan dites antigen oleh Tim Puskesmas Batakan didampingi Tim Satuan Tugas Covid-19 Tala, Sabtu (4/9) malam lalu.

Kepala Puskesmas Batakan, Wening Tri Ambaryani, mengatakan hasil tes antigen para rombongan menunjukkan hasil yang mengejutkan karena 68 persen dinyatakan positif.

"Dari 25 sampel yang kita periksa, ada 17 orang yang positif. Jadi kita lakukan edukasi terhadap semua penumpang,” katanya, Selasa (7/9).

Setelah menerima hasil tes antigen, rombongan diminta untuk pulang ke daerahnya oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Tala.

Sebelumnya, rombongan bus yang melintas secara diam-diam sempat dikejar sampai ke Desa Sungai Riam, Kecamatan Pelaihari pada siang hari, kemudian digiring hingga pertigaan bundaran Angsau oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Tala.

Memanfaatkan kondisi cuaca hujan deras, secara sembunyi-sembunyi bus kembali menuju area Pantai Batakan Baru dan parkir di salah satu rumah warga dengan alasan mengunjungi keluarga.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Damkar Tala, Muhammad Kusri menyayangkan sikap dari rombongan bus yang mencoba mengelabui para petugas agar tetap bisa berwisata di Pantai Batakan Baru.

"Sebenarnya waktu itu kami arahkan untuk putar balik karena wisata di Tanah Laut tutup. Ternyata sore hari ada laporan dari masyarakat bahwa ada bus yang memasuki objek wisata Pantai Batakan Baru," kata Kusri.

Kegiatan ini dilakukan sebagai penerapan Peraturan Bupati Tanah Laut No. 99 Tahun 2020 Tentang Protokol Kesehatan Covid-19 dan Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kabupaten Tanah Laut, sendiri, tren Covid19 mulai turun sehingga tadinya PPKM level IV kini turun menjadi level III.Dalam rilis Satgas Covid-19 total kasus dirawat, sembuh dan meninggal sebanyak 7.614, rinciannya, positif dirawat 632, sembuh 6.771 dan meninggal 211 Orang

Kendati turun ke PPKM level III, kawasan wisata di Bumi Tuntung Pandang Tala tetap tutup total hingga 20 September.

img



Komentar
Banner
Banner