Peristiwa & Hukum

Nelayan di Desa Tanjung Dewa Tala Diserang Buaya

Seorang pria warga Dusun Sumber Hidup RT 002 RW 003 , Desa Keramian, Kecamatan Masalembu terluka akibat diserang buaya.

Featured-Image
Korban yang diterkam buaya dirawat di RSHB Pelaihari. Foto: Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI - Seorang pria warga Dusun Sumber Hidup RT 002 RW 003 , Desa Keramian, Kecamatan Masalembu terluka akibat diserang buaya.

Peristiwa terjadi di Sungai Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis  28/3/2024).

Kasat Polairud Polres Tala Iptu Khairin Aplani saat dihubungi mengatakan, kejadian warga diterkam buaya sungai tanjung dewa terjadi sekitar pukul 20.40 Wita.

“Kita dari Sat Polairud Polres Tanah Laut melaksanakan kegiatan mengantarkan korban ke rumah sakit,” katanya, Jumat (29/3/2024).

Khairin mengatakan, pihaknya menerima informasi lewat telpon dari masyarakat Desa Tanjung Dewa, bahwa ada nelayan dari Desa Tanjung Dewa yang digigit buaya.

“Dari informasi warga nelayan tersebut digigit buaya pada saat BAB di samping atau pinggiran kapal pada pukul kejadian 20.30 wita di Jalan Muhara RT 03 RW 01 Desa Tanjung Dewa,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari keterangan saksi korban ketika diserang buaya langsung terjatuh ke sungai dan meminta tolong kepada sesama nelayan.

Tidak berapa lama, kata Kahirin,
saksi melihat dan langsung mendatangi korban dengan membawa kayu untuk memukul buaya tersebut sehingga buaya tersebut langsung tenggelam kedalam sungai.

“Setelah itu saksi membawa korban ke Puskesmas Batakan untuk dilakukan pertolongan pertama,” tambahnya.

Dia mengatakan, karena akibat gigitan buaya korban mengalami luka terkoyak di bagian tangan kiri dan tangan kanan serta sekitar kemaluan, kemudian korban dirujuk ke RSHB Pelaihari.

“Kami sudah koordinasi dengan BKSDA untuk melakukan pencarian buaya dan menanggulangi kejadian tersebut di muara Tanjung Dewa,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner