Pemprov Kalsel

Nature of Exhibition Banua Resmi Diluncurkan, Trik Peningkatan PAD Melalui Pariwisata

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor diwakili Asisten Adiministrasi Umum, Ahmad Bagiawan meluncurkan area Nature of Exhibition Banua Botanical Garden di K

Featured-Image
Peluncuran Nature of Exhibition Banua. Foto: bakabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, melalui Asisten Adiministrasi Umum, Ahmad Bagiawan, meluncurkan area Nature of Exhibition Banua Botanical Garden di Kebun Raya Banua, Banjarbaru, Rabu (4/9).

Peluncuran ini merupakan satu dari berbagai metode pengelolaan Kebun Raya Banua dalam meningkatkan layanan dan kujungan wisataaan.

Pembukaan pameran itu diharapkan bisa menjadi destinasi wisata dan sarana pendidikan lapangan baru, sehingga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Bukan hanya keanekaragaman flora, kami menyarankan Kebun Raya Banua juga bisa diisi oleh koleksi hewan yang tidak buas. Dengan demikian, masyarakat bisa mengajak anak-anak berwisata ke Kebun Raya Banua," papar Bagiawan.

Kebun Raya Banua sendiri sudah diplot menjadi yang terbaik kedua setelah Kebun Raya Bogor. Tak mengherankan kalau kunjungan di Kebun Raya Banua meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tercatat sepanjang 2022, jumlah pengunjung mencapai 108.724 orang. Kemudian hingga akhir 2023, angka kunjungan menembus 206.624 orang.

Adapun capaian PAD 2022 dari Kebun Raya Banua juga naik signifikan dari hanya Rp770.518.000, meningkat menjadi Rp1.600.546.000.

"Setidaknya dalam dua tahun terakhir, Kebun Raya mengalami progres yang sangat pesat karena dukungan penuh dari Gubernur Kalsel," sahut Adilla Yanti, Kepala Kebun Raya Banua.

"Kunjungan juga ikut meningkat, seiring penambahan fasilitas. Kami juga melakukan beberapa kolaborasi, seperti pelaksanaan event triathlon berkelas internasional," tuturnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner