News

Nasib Wisata Kampung Ketupat Banjarmasin: Dulu Didatangi Pejabat, Kini Tak Dirawat

Objek wisata Kampung Ketupat di Sungai Baru, Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin kian terbengkalai.

Featured-Image
Objek wisata Kampung Ketupat di Sungai Baru, Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin kian terbengkalai. Foto: Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Objek wisata Kampung Ketupat di Sungai Baru, Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin terlihat terbengkalai.

Kios, gazebo dan beberapa ornamen bermain sengaja dibiarkan kosong sampai rusak.

Padahal sejak diresmikan Juli 2023, objek wisata Kampung Ketupat sering dioperasional untuk kegiatan Pemkot Banjarmasin hingga pentas kesenian. Hingga 9 Mei 2024, kondisinya malah tidak terawat.

Ketua RT setempat, Fitriansyah mengatakan objek wisata Kampung Ketupat yang sempat viral ini sudah lebih 2 bulan tutup dan dibiarkan kosong. Informasi yang beredar, aliran listrik dan air pun dimatikan.

“Saya dengar juga begitu, jadi malam gelap dan lampu siring itu juga tidak nyala,” ujarnya.

Seorang warga Nuryadi mengakui miris melihat kondisi objek wisata Kampung Ketupat. Ia menerangkan atap panggung yang menjadi ikon Kampung Ketupat sudah hilang. Entah diambil orang atau ditiup angin.

“Kurang lebih 2 bulan,” ucap Nuryadi yang rumahnya tidak jauh dari objek wisata Kampung Ketupat.

Sementara itu, Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman menyampaikan objek wisata di Banjarmasin Tengah itu dibangun dan dikelola investor. Hal ini membuat Pemkot Banjarmasin tidak bisa ikut campur.

"Jadi sampai saat ini kawasan itu masih di bawah kewenangan pengelola," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner