News

Nasib Konser Senandung Semesta Tak Jelas, Refund Tiket Ribet!

Sejumlah event musik dan pariwisata di Kalimantan Selatan gagal digelar akibat cuaca ekstrem.

Featured-Image
Konser Gunung Senandung Semesta. Foto-tiket.com

bakabar.com, BANJARBARU - Sejumlah event musik dan pariwisata di Kalimantan Selatan gagal digelar imbas cuaca ekstrem.

Selain berdampak pada kunjungan wisatawan, pihak penyelenggara acara pun direpotkan dengan proses pengembalian tiket atau refund yang prosesnya tidak mudah.

Setidaknya ada dua event musik yang gagal digelar akibat cuaca ekstrem. Yang pertama adalah Festival Historia Senja di Balangan. Acara batal digelar karena lokasi tidak memungkinkan untuk digunakan. 

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Pendapatan Nelayan di Banyuwangi Turun Drastis

Lalu ada Konser Gunung Senandung Semesta di Tahura Sultan Adam yang juga ditunda akibat cuaca buruk.

Padahal, event tersebut akan dihadiri sejumlah nama besar, di antaranya duo Vincent & Desta, Gofar Hilman, Fiersa Besari, Yura Yunita, Pusakata, termasuk  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. 

Melihat laman Konser Gunung Senandung Semesta di Instagram, warganet mengeluhkan banyak hal. Dari penundaan acara hingga proses pengembalian tiket yang dianggap ribet, meski pihak penyelenggara sebenarnya sudah menjelaskan cara pengembalian tiket konser tersebut.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Rumah Warga Tapin Selatan Diterpa Angin Puting Beliung

Berdasarkan keterangan tertulisnya, pihak tiket.com berjanji akan mengembalikan 100 persen tiket yang sudah dibeli. Pengajuan refund akan dilakukan dari 2 hingga 4 Maret. Proses pengembalian memakan waktu selama 30 hari.

Meski pihak penyelenggara sudah berupaya keras untuk meredam emosi warga, termasuk dengan memberikan benefit, tapi warga yang sudah terlanjur membeli sudah kadung tidak mood. Itu bisa dilihat dari ratusan komentar di Instagram Konser Gunung Senandung Semesta. 

"Kami cuma mau duit kami balik. Yang mau nonton silakan nonton. Tapi tolong diutamakan yang refund," tulis akun @Anndini. 

Baca Juga: Duh! Kemiskinan Ekstrem Masih Ditemukan di Kalsel

Sejumlah warganet bahkan menduga pihak panitia penyelenggara 'memaksa' pembeli tiket untuk tidak melakukan proses pengembalian dana dengan memberikan 'angin surga' bernama benefit.

"Bukan tidak melakukan refund, tapi tidak bisa refund. Dipaksa untuk tidak refund," tulis akun @dewinoviana_s.

Reaksi negatif yang begitu besar dari masyarakat membuat penyelenggara kelimpungan. Pihak promotor bahkan sempat menyampaikan pengumuman bahwa tidak aktifnya mereka di media sosial karena sedang sibuk membantu admin tiket melakukan proses refund.

Admin media sosial EO Konser Senandung Semesta, Bryan membenarkan penundaan event tersebut akibat adanya informasi cuaca ekstrem dari BMKG. 

Baca Juga: Waspada! Cuaca Ekstrem Ancam Kaltim, BMKG Sebut Ada Potensi Hujan Es

"Kami tidak bisa ambil risiko kalau tetap menjalankan event ini di tanggal tersebut. Karena mulai dari talent sampai penonton adalah tanggung jawab kami," kata Bryan, baru-baru ini. 

Dia memastikan penundaan konser ini murni karena alasan cuaca. "Secara bisnis tiket kami sold out sebelum penundaan itu kami putuskan," katanya.

Dia menyebut lokasi konser yang berada di atas gunung menjadi pertimbangan lain mengapa konser tersebut harus ditunda. "Mengingat venue kami di atas gunung, sangat berisiko apabila dipaksa dilanjutkan," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner