Kalsel

Naker Kalsel yang Belum Terima Bantuan Langsung Tunai Harap Bersabar

apahabar.com, BANJARMASIN – Tenaga kerja Kalimantan Selatan yang berpenghasilan di bawah Rp5 juta mesti bersabar menunggu…

Featured-Image
ilustrasi. Tenaga kerja Kalsel berpenghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan akan mendapat bantuan dari Kemenaker.Sumber: istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Tenaga kerja Kalimantan Selatan yang berpenghasilan di bawah Rp5 juta mesti bersabar menunggu pencairan bantuan langsung tunai tahap berikutnya.

“Sudah masuk gelombang ketiga. Jadi untuk pekerja di Kalsel pasti ada,” ucap Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin, Opik Taufik kepadabakabar.com.

Sejauh ini, kata dia, data rekening pekerja secara nasional yang sudah masuk ke Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia (RI) sebanyak 9 juta.

“Sisanya masih proses validasi dari kementerian. Sampai tuntas dengan target 15,7 juta pekerja,” katanya.

Semua pekerja Kalsel berpenghasilan di bawah Rp5 juta berpeluang mendapatkan bantuan tersebut.

Selama bersangkutan sudah melakukan beberapa hal, seperti memberikan rekening valid dan perusahaan sudah melaporkan data dengan benar serta sesuai Peraturan Pemerintah tentang Penerima BSU ke BPJSTK, maka tinggal menunggu waktu saja.

“Yang pasti selama peserta sudah memberikan nomor rekening valid dan rekening itu miliknya sendiri, kemudian perusahaan sudah melaporkan data-data dengan benar serta sesuai dengan Peraturan Pemerintah terkait Penerima BSU ke BPJSTK, maka tinggal ditunggu saja dengan sabar,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat berencana memberikan bantuan langsung tunai sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Bantuan ini diberikan kepada masyarakat berpenghasilan di bawah Rp 5 juta, yang terdampak Pandemi Coronavirus Disease 2019.

Berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Banjarmasin, terdapat 247.185 tenaga kerja aktif di Kalsel.

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner