Tak Berkategori

Musrenbang Terakhir Tingkat Kecamatan di HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Kecamatan Kandangan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Musrenbang ini terakhir untuk tingkat kecamatan…

Featured-Image
Bupati HSS, Drs H Achmad Fikry menghadiri Musrenbang di Kandangan. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Kecamatan Kandangan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Musrenbang ini terakhir untuk tingkat kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati HSS Drs H Achmad Fikry,MAP,Wakil Bupati Syamsuri Arsyad S.AP MA, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi SE beserta, sejumlah pejabat Pemkab HSS, dan Plt Camat Kandangan H Syamsudin.S.IP.

Baca Juga: BKKBN Kalsel Sosialisasikan Program KKBPK untuk HSS

Plt Camat Kandangan mengemukakan, beberapa program yang diusulkan dalam musrenbang ini dipilih sedemikian rupa sehingga sebagian ditangani melalui dana desa dan sebagian lagi diprioritaskan untuk diusulkan ke Musrenbang tingkat kabupaten.

“Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan pada APBD tahun anggaran 2019 telah disampaikan ke kelurahan dan masing-masing kelurahan telah melaksanakan musyawarah,” katanya.

Untuk itu, dengan adanya DAU tambahan ini nantinya, usulan-usulan yang belum bisa ditangani dalam Musrenbang bisa diakomodir melalui DAU tambahan.

Dari data didapatkan beberapa usulan diantaranya Tapir/Bronjong sepanjang 400 meter di Kelurahan Jambu Hilir,dengan pagu usulan Rp 1 milyar. Rehab Gedung Bulu Tangkis PB Antaludin, di Kelurahan Kandangan Utara, dengan pagu usulan Rp200 juta.

Kemudian rehab 30 rumah di Desa Amawang Kiri Muka, dengan pagu usulan Rp300 juta. Pengaspalan Jalan Sungai Jatuh Desa Amawang Kiri,sepanjang 4 kilometer dengan pagu usulan Rp1 miliar.

” Ini merupakan usulan tahun 2017. Pembangunan rumah layak huni (rehab rumah untuk Rumah Tangga Miskin) bagi 25 keluarga di Desa Amawang Kanan, dengan pagu usulan Rp 375 juta,” katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry memastikan, tidak semua usulan bisa diakomodir Pemerintah Kabupaten. Sebab sebagian sudah diakomodir desa dan kelurahan.

Bupati menambahkan, Kecamatan Kandangan berbeda dengan kecamatan lain di HSS. Karena Kandangan merupakan Ibukota Kabupaten dan wajar mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten. “Saya pinta kepada semua Kepala Desa dan Lurah untuk turun langsung melihat fakta-fakta dilapangan berkaitan dengan situasi dan kondisi masyarakatnya”, imbau bupati.

Sementara Ketua DPRD H Akhmad Fahmy saat menyampaikan pokok-pokok pikiran mengungkapkan bahwa DPRD Kabupaten HSS sudah menjadwalkan Rapat Paripurna Pokok-Pokok Pikiran DPRD. “Kami DPRD sudah mengusulkan hampir 130 lebih pokok pikiran,” katanya.

H Akhmad Fahmy menambahkan bahwa pada prinsipnya kami dari DPRD mendukung pembangunan di Hulu Sungai Selatan. Sinergitas antara DPRD HSS dengan eksekutif sangat baik.

APBD Hulu Sungai Selatan selalu tepat waktu. “Saya berharap agar pembangunan di Hulu Sungai Selatan dapat dilaksanakam secepat-cepatnya dan sebaik-baiknya,” katanya.

Baca Juga: Pemkab HSS Sediakan Bus Gratis Untuk Pasien Cuci Darah

Reporter: AHC
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner